PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAPHIC BERBASIS ANIMASI 2D TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalah tentang rendahnya hasil belajar ranah kognitif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penggunaan media pembelajaran yang diterapkan di sekolah dirasa penting sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Rumusan masalah umum...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sopian, Erwin (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/26976/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05247 am a22003253u 4500
001 repoupi_26976
042 |a dc 
100 1 0 |a Sopian, Erwin  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAPHIC BERBASIS ANIMASI 2D TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL 
260 |c 2016-10-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/26976/1/S_KTP_1202739_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26976/2/S_KTP_1202739_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26976/3/S_KTP_1202739_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26976/4/S_KTP_1202739_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26976/5/S_KTP_1202739_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26976/6/S_KTP_1202739_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26976/7/S_KTP_1202739_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26976/8/S_KTP_1202739_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26976/9/S_KTP_1202739_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/26976/10/S_KTP_1202739_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalah tentang rendahnya hasil belajar ranah kognitif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penggunaan media pembelajaran yang diterapkan di sekolah dirasa penting sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Rumusan masalah umum pada penelitian ini yaitu : apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif antara siswa yang menggunakan media infographic berbasis animasi 2D dengan siswa yang menggunakan media animasi slide show pada mata pelajaran IPS tentang lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan?. Secara khusus permasalahan pada penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif aspek pemahaman, aspek penerapan dan aspek analisis antara siswa yang menggunakan media infographic berbasis animasi 2D dengan siswa yang menggunakan animasi slide show pada mata pelajaran IPS tentang lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group bentuk pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uraian non objektif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan secara umum dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif antara siswa yang menggunakan media infographic berbasis animasi 2D dengan siswa yang menggunakan animasi slide show pada mata pelajaran IPS tentang lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di SMPN 26 Bandung. Secara khusus dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif aspek pemahaman, penerapan dan analisis antara siswa yang menggunakan media infographic berbasis animasi 2D dengan siswa yang menggunakan animasi slide show pada mata pelajaran IPS tentang lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, ;---This study aims to answer the problem about low learning outcomes on social subject. Application of media learning applied in schools considered to be solutions to improve student cognitive learning outcomes. The general research question in this study: Is there any difference in the enhancement of learning outcomes in cognitive domain between students who use 2D animation-based infographic media and students who use slide show animation media on social subject concerning living environment and sustainable development? Specifically, this study is concerned with the differences in learning outcomes in the aspects of comprehension, application, and analysis of cognitive domain between students who use 2D animation-based infographic media and students who use slide show animation on social subject concerning living environment and sustainable development. This study used a quasi-experimental design with non-equivalent control group in the form of pre-test and post-test as the method. The study also used is a test in non-objective descriptive form as the instrument. Technique of removal sample that used is Cluster Random Sampling. The results show that generally there is difference in the enhancement of learning outcomes in cognitive domain between students who use 2D animation-based infographic media and students who use slide show animation on social subject concerning living environment and sustainable development in SMPN 26 Bandung. Specifically, it can be concluded that there is difference in the enhancement of learning outcomes in the aspect of comprehension, application and analysis of cognitive domain between students who use 2D animation-based infographic media and students who use slide show animation on social subject concerning living environment and sustainable development. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a QA75 Electronic computers. Computer science 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/26976/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/26976/