PENERAPAN ASESMEN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI TINGKAT SMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PERAGA

Kurikulum yang dibuat oleh pemerintah hendaknya mampu menjadi masukan bagi dunia pendidikan. Adanya kurikulum tersebut sudah pasti menuntut penilaian yang menjadi salah satu aspek penting dalam kurikulum. Penilaian yang paling sering digunakan dan menjadi satu-satunya penilaian yaitu tes objektif (s...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Arifah, Halimah Nur (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/276/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kurikulum yang dibuat oleh pemerintah hendaknya mampu menjadi masukan bagi dunia pendidikan. Adanya kurikulum tersebut sudah pasti menuntut penilaian yang menjadi salah satu aspek penting dalam kurikulum. Penilaian yang paling sering digunakan dan menjadi satu-satunya penilaian yaitu tes objektif (selected response test) dimana diantara pelaksanaanya siswa diminta untuk merespon soal dengan memberikan pilihan jawaban yang paling tepat diantara pilihan jawaban yang ada, dan tes objektif tersebut sebenarnya hanya menilai pengetahuan ilmiah tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum. Karena, pelaksanaan penilaian semestinya mulai bergeser ke arah asesmen penalaran yang lebih kompleks. Vu dan Dall'Alba (2014) menegaskan bahwa penilaian autentik memiliki potensi untuk meningkatkan integrasi dari apa yang siswa ketahui dan bagaimana mereka bertindak dapat berusaha untuk mengambil sikap dalam situasi yang dihadapi. Dalam penelitian ini, siswa mempelajari sistem ekskresi dengan menggunakan alat peraga nefron dengan penilaian autentik dalam bentuk jurnal kegiatan siswa dan tes tertulis uraian. Selanjutnya penelitian ini mendeskripsikan respon siswa terhadap jurnal kegiatan siswa dan tes tertulis uraian secara kualitatif dan kuantitatif dibantu dengan anates versi 4.07. Sehingga dalam penelitian ini didapatkan rancangan tahap penerapan asesmen autentik berdasarkan pengembangan langkah dan analisis hasil belajar terhadap pembelajaran sistem ekskresi tingkat SMA dengan menggunakan media alat peraga.;--- The curriculum was created by the government must become the input for education. It is definitive judgments become one of the important aspects of the curriculum. The most used assessment for assessment are objective tests (selected response test) where students respond to questions by providing between the most appropriate answer choice among options answers, and that objective tests assess only scientific knowledge, it is not in accordance with the demands of the curriculum. Because, the assessment exercises should begin to shift toward complex reasoning assessment. Vu and Dall'Alba (2014) insists that authentic assessment has the potential to improve the integration of students know and how they try to take a good attitude. In this study, students have been asked to studied the excretion system by using tool of visual aid of nephron with authentic assessment. It was formed in student activities journal and writing test. This study describes students' response to journals of student activities and written tests are qualitative and quantitative description by using anatest vertion of 4.07. Thus, this study can be formed in the design phase the application of authentic assessment, it is based on the development of measures and analysis of the results of excretion system learning at the high school level by using tool of visual aid media.
Item Description:http://repository.upi.edu/27060/1/S_BIO_1202513_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27060/2/S_BIO_1202513_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27060/3/S_BIO_1202513_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27060/4/S_BIO_1202513_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27060/5/S_BIO_1202513_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27060/6/S_BIO_1202513_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27060/7/S_BIO_1202513_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27060/8/S_BIO_1202513_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27060/9/S_BIO_1202513_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27060/10/S_BIO_1202513_Appendix.pdf