HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN KELEKATAN ANAK DAN IBU DI KECAMATAN SUKASARI KOTA BANDUNG Studi Korelasi Pada Ibu dari Siswa TK di Kecamatan Sukasari Kota Bandung Tahun Ajaran 2015-2016

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap hubungan antara pola asuh dengan kelekatan anak dan Ibu di TK Kecamatan Sukasari Kota Bandung Tahun Ajaran 2015-2016. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 321 Ibu siswa TK dari 8 sekolah yang telah dipilih secara acak dari 21 sekolah di Kecamatan Sukasari K...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Tiani, Dency Rosutris (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-02-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2795/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap hubungan antara pola asuh dengan kelekatan anak dan Ibu di TK Kecamatan Sukasari Kota Bandung Tahun Ajaran 2015-2016. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 321 Ibu siswa TK dari 8 sekolah yang telah dipilih secara acak dari 21 sekolah di Kecamatan Sukasari Kota Bandung melalui teknik simple random sampling menggunakan pendekatan kombinasi antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode korelasional. Teori yang digunakan adalah teori pola asuh dari Baumrind yang membagi pola asuh menjadi 4 jenis (Santrock 1995 : 257) dan teori kelekatan dari Ainsworth yang membagi kelekatan menjadi 3 jenis (Papalia 2008 : 278). Instrument yang digunakan berupa angket/kuisioner dengan bentuk skala Guttman dalam format pilihan ganda dengan beberapa alternatif pilihan jawaban yang diberikan kepada Ibu dan wawancara serta observasi kepada beberapa anak. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh yang banyak digunakan adalah pola asuh otoritatif sedangkan kelekatan yang banyak dirasakan adalah kelekatan aman. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pada pola asuh otoriter dan otoritatif memiliki hubungan yang signifikan dengan semua jenis kelekatan. Pola asuh indulgent memiliki hubungan yang signifikan dengan kelekatan aman, dan menghindar namun tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kelekatan cemas. Sedangkan pola asuh indifferent tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan semua jenis kelekatan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan pihak sekolah dapat mengadakan kegiatan parenting bagi orangtua siswa dengan mendatangkan ahli tentang perkembangan anak khususnya mengenai pola asuh dan kelekatan. Orangtua dapat saling bekerjasama dalam hal mendidik dan memberikan yang terbaik bagi perkembangan anak sehingga akan memaksimalkan potensi yang dimiliki anak. Peneliti selanjutnya dapat memperluas sasaran instrument tidak hanya kepada Ibu tapi juga kepada Ayah dari siswa TK dan menambah teknik pengumpulan data selain kuisioner untuk menghindari Social Desirability. Kata kunci : Pola Asuh, Kelekatan This research was conducted to reveal the relationship between attachment parenting with child and mother in kindergarten Sukasari Bandung District of Academic Year 2015-2016. The sample in this study amounted to 321 kindergarten student mother of eight schools that had been randomly selected from 21 schools in the district Sukasari Bandung through simple random sampling technique uses a quantitative approach with a correlation method. The theory used is the theory of parenting parenting Baumrind that divides into 4 types (Santrock 1995: 257) and the attachment theory of attachment Ainsworth that divides into 3 types (Papalia 2008: 278). Instrument used a questionnaire with Guttman scale in the form of multiple choice format with several alternative answers given to the mother and interview with observations given to some children. The results showed that widely used parenting is parenting authoritative while many perceived attachment is secure attachment. The results also showed that the authoritarian parenting and authoritative had a significant association with any type of attachment. The results also showed that the indulgent parenting style had a significant association with secure attachment and avoidance attachment but does not have a significant relationship with anxious attachment. The results also showed that the indifferent parenting style does not have a significant with any type of attachment. Based on the results of this study are expected to be held the party school of parenting for parents to bring in an expert on child development, especially regarding parenting and attachment. Parents can work together in terms of educating and providing the best for children's development that will maximize the potential of the child. Researchers can then expand the target instrument is not only the mother but also the father of kindergarten students and increase data collection techniques in addition to the questionnaire to avoid Social desirability. Keywords : Parenting , Attachment
Item Description:http://repository.upi.edu/27095/1/S_PSI_0900964_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27095/2/S_PSI_0900964_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27095/3/S_PSI_0900964_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27095/4/S_PSI_0900964_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27095/5/S_PSI_0900964_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27095/6/S_PSI_0900964_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27095/7/S_PSI_0900964_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27095/8/S_PSI_0900964_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27095/9/S_PSI_0900964_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27095/10/S_PSI_0900964_Appendix.pdf