EFEK PEMBINAAN KEJUJURAN DAN KANTIN KEJUJURAN TERHADAP KARAKTER JUJUR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 CILIMUS DAN SMK NEGERI 2 KUNINGAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan kejujuran yang dilakukan di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat serta kantin kejujuran sebagai proses reorganisasi serta transformasi struktur pengalaman individu sekaligus sosialisasi internalisasi pengajaran etika moral di sekolah dalam...

Fuld beskrivelse

Saved in:
Bibliografiske detaljer
Hovedforfatter: Hidayat, Arif (Author)
Format: Academic Paper
Udgivet: 2016-10-10.
Fag:
Online adgang:http://repository.upi.edu/2711/
Tags: Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
LEADER 05333 am a22003133u 4500
001 repoupi_27110
042 |a dc 
100 1 0 |a Hidayat, Arif  |e author 
245 0 0 |a EFEK PEMBINAAN KEJUJURAN DAN KANTIN KEJUJURAN TERHADAP KARAKTER JUJUR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 CILIMUS DAN SMK NEGERI 2 KUNINGAN 
260 |c 2016-10-10. 
500 |a http://repository.upi.edu/27110/1/D_PU_1007181_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27110/2/D_PU_1007181_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27110/3/D_PU_1007181_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27110/4/D_PU_1007181_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27110/5/D_PU_1007181_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27110/6/D_PU_1007181_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27110/7/D_PU_1007181_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27110/8/D_PU_1007181_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27110/9/D_PU_1007181_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27110/10/D_PU_1007181_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan kejujuran yang dilakukan di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat serta kantin kejujuran sebagai proses reorganisasi serta transformasi struktur pengalaman individu sekaligus sosialisasi internalisasi pengajaran etika moral di sekolah dalam mengembangkan karakter jujur di SMA Negeri 1 Cilimus dan SMK Negeri 2 Kuningan. Mengingat sudut pandang dalam melihat masalah ini tingkat kompleksitasnya yang relatif tinggi, maka peneliti mencampurkan metode kuantitatif dan kualitatif. Pada penelitian kuantitatif, populasi penelitian seluruh peserta didik di SMA Negeri 1 Cilimus yang berjumlah 707 dan SMK Negeri 2 Kuningan dengan jumlah 1.553 pada tahun ajaran 2015-2016 dan sampel informan untuk kegiatan penelitian berjumlah 20 orang yang terdiri dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 18 orang dari SMA Negeri 1 Cilimus dan SMK Negeri 2. Sedangkan desain kualitatif dipergunakan untuk mengeksplorasi efek pembinaan kejujuran dan pelaksanaan kantin kejujuran terhadap karakter jujur peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pentingnya membangun pendidikan relasional antara pendidik, tenaga kependidikan, serta peserta didik dalam orientasi kejujuran. Peran keluarga menjadi kata kunci berkembanganya ranah kognitif dan afektif melalui penalaran normatif dan penilaian kejujuran yang mungkin akan berbeda konteksnya hubungan di luar lingkungan keluarga. Di sisi lain Keterlibatan masyarakat dalam mengembangkan karakter jujur peserta didik merupakan prioritas utama karena peserta didik dirangsang baik secara emosional maupun intelektual melalui berbagi pengalaman. Kantin kejujuran dapat merekonstruksi model pembelajaran integrasi sosial-afektif sebagai pemandu membiasakan perilaku kejujuran. Dengan demikian, untuk membangun karakter kejujuran peserta didik dibutuhkan kebermaknaan dalam pendidikan melalui interkoneksitas keluarga dan masyarakat serta ikatan konstruktif yang mendukung proses berkembangnya karakter peserta didik.;---This study aims to determine the coaching honesty conducted in the school environment, family and community as well as the honesty canteen as a process of reorganization and transformation of the structure of individual experience as well as socialization internalize the teaching of moral ethics in schools in developing honest character in SMA Negeri 1 Cilimus and SMK Negeri 2 Kuningan , Given viewpoint in looking at this issue relatively high level of complexity, the researchers mix of quantitative and qualitative methods. In quantitative research, the study population all students at SMA Negeri 1 Cilimus numbering 707 and SMK Negeri 2 Kuningan with the number 1,553 in the academic year 2015-2016, and the sample of informants to the research activities of 20 people consisting of the Ministry of Education and Culture 18 people from SMA Negeri 1 Cilimus and SMK 2 Kuningan. While qualitative design used to explore the effect of fostering honesty and honesty canteen implementation of the character of an honest learners. The results showed that the importance of building a relational education among educators, staff, and students in the orientation of honesty. The role of the family becomes the keyword fostering cognitive and affective domains through normative reasoning and honesty votes that may be different context relationships outside the family. On the other hand the public's involvement in developing the character of honest students is a top priority because students are stimulated both emotionally and intellectually through the sharing of experiences. Honesty canteen can reconstruct socio-affective learning integration as a guide to familiarize the behavior of honesty. Thus, to establish the character of honesty learners needed interconnectivity meaningfulness in education through family and community as well as the constructive bonds that support the development of the character of the students. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27110/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2711/