HUBUNGAN RELIGIUSITAS KELUARGA DENGAN PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA

Keluarga merupakan pemberi pendidikan yang utama dan pertama bagi seorang anak. Keluarga sejatinya memberikan pendidikan yang baik dan benar yang sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. Pendidikan di dalam keluarga menjadi sangat penting mengingat pengaruh globalisasi pada saat ini, b...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Iman, Zahrial Nurul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27116/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04767 am a22003133u 4500
001 repoupi_27116
042 |a dc 
100 1 0 |a Iman, Zahrial Nurul  |e author 
245 0 0 |a HUBUNGAN RELIGIUSITAS KELUARGA DENGAN PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA 
260 |c 2016-08-22. 
500 |a http://repository.upi.edu/27116/1/S_PAI_10011255_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27116/2/S_PAI_10011255_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27116/3/S_PAI_10011255_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27116/4/S_PAI_10011255_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27116/5/S_PAI_10011255_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27116/6/S_PAI_10011255_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27116/7/S_PAI_10011255_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27116/8/S_PAI_10011255_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27116/9/S_PAI_10011255_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27116/10/S_PAI_10011255_Appendix.pdf 
520 |a Keluarga merupakan pemberi pendidikan yang utama dan pertama bagi seorang anak. Keluarga sejatinya memberikan pendidikan yang baik dan benar yang sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. Pendidikan di dalam keluarga menjadi sangat penting mengingat pengaruh globalisasi pada saat ini, bukan tidak mungkin apabila suatu keluarga tidak memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya, tetapi anaknya menjadi anak yang sangat religius dan dekat dengan agama, atau bahkan sebaliknya. Orang tua sejatinya menjadi contoh dalam pendidikan keluarga, disamping memberikan pengertian dan pembelajaran tentang penanaman aqidah kepada anaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana hubungan religiusitas keluarga dengan perilaku keberagamaan siswa. Nilai religiusitas tersebut diukur dari dua aspek, yakni ibadah mahdah dan ibadah ghair mahdah. Contoh kecilnya seperti sopan santun, membiasakan makan dan minum duduk, melaksanakan amalan yang di sunnahkan dan menjauhi perbuatan yang diharamkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Angket yang berupak skala dalam bentuk checklist disebar kepada para pelajar. Sementara data yang diperoleh dari angket diolah melalui analisis deskriptif dengan menggunakan bantuan dari aplikasi SPSS versi 20. Setelah data diperoleh, diolah dan dianalisis melalui aplikasi SPSS versi 20 tersebut, maka diperoleh bahwa terjadi hubungan yang signifikan yang diberikan orang tua terhadap siswa. Kesimpulannya, terjadi hubungan antara kedua orang tua antara ayah dan ibu terhadap siswa, terutama ibu yang memiliki hubungan yang lebih tinggi dari pada ayah. Sedangkan kakak atau adik tidak memberikan hubungan yang signifikan.;---Family is the main and first provider of education for children. The family actually the one which provides good education that corresponds to what that has been exemplified by the Prophet Muhammad. Education in the family becomes very important considering the impact of globalization at the moment. It is not impossible if a family does not provide good education, children will become delinquents and in more serious condition they will be far from religion. Parents are the role models in family education, in addition they give knowledge of faith to their children. The purpose of this study is to find out to the extent of relationship between family religiosity the students religious behavior. The religiosity value is measured from two aspects, which is mahdah worship and ghairmahdah worship. For examples politeness, accustom to eat and drink while sitting, doing circumcision deeds, and avoiding actions that are forbidden. The method used in this study employed descriptive and quantitative approach. Questionnaire in the form of scale in the form of checklist was distributed to the students. The data that was obtained from the questionnaire was processed through descriptive analysis using SPSS version 20. After the data was acquired, processed and analyzed through the SPSS version 20, it shows that there is a significant relationship of religiosity from the parents to the students behavior. In conclusion, there is relationship between the parents to the student, especially mothers who have higher relationship than fathers. While the siblings does not provide a significant relationship considering they are also children of their parents. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27116/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27116/