PENERAPAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNGAN DI SMK NEGERI 1 MAJALENGKA

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media video tutorial pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 1 Majalengka. (2) mengetahui kelayakan video tutorial yang telah dikembangkan untuk digunakan sebagai media pembelajaran pa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Purnomo, Kurnia Cahyaningtyas (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27133/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media video tutorial pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 1 Majalengka. (2) mengetahui kelayakan video tutorial yang telah dikembangkan untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 1 Majalengka. Dilatarbelakangi oleh penggunaan Kurikulum 2013 yang mengharuskan siswa untuk lebih mandiri dalam belajar, namun pada proses pembelajaran berlangsung siswa kurang memahami materi jika hanya diberikan materi pengantar, serta kurangnya pemanfaatan media dalam suatu pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Populasi diambil dari siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Majalengka berjumlah 62 siswa. Pengumpulan data untuk mengetahui penilaian ahli media dan siswa terhadap media pembelajaran video tutorial menggunakan angket tipe Likert dengan rentang skor 1 sampai dengan 4. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk merancang pengembangan media pembelajaran video tutorial ini diperlukan tahapan-tahapan yang harus dilakukan dari mulai pengumpulan informasi, membuat desain awal produk, melakukan validasi ahli, uji coba, sampai terciptanya produk akhir. Respon siswa terhadap media pembelajaran sebanyak 60 siswa menyetujui bahwa video tutorial dapat dijadikan salah satu media pembelajaran. Berdasarkan penilaian akhir dari penelitian ini dinyatakan bahwa seluruh aspek penilaian dalam video tutorial dinyatakan sudah layak dengan penilaian baik, dengan hasil kelayakan yang dihitung dari rata-rata keseluruhan kinerja pada penelitian mendapatkan persentase sebesar 76,5%. ;---
Item Description:http://repository.upi.edu/27133/1/S_TA_1205392_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27133/2/S_TA_1205392_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27133/3/S_TA_1205392_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/27133/4/S_TA_1205392_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/27133/5/S_TA_1205392_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/27133/6/S_TA_1205392_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/27133/7/S_TA_1205392_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/27133/8/S_TA_1205392_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/27133/9/S_TA_1205392_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27133/10/S_TA_1205392_Appendix.pdf