MODEL PELATIHAN KREATIVITAS VOKAL BERTEMA UNTUK ANAK USIA DINI DI PURWA CARAKA MUSIC STUDIO BANGBARUNG BOGOR

Lingkungan sekitar memberi peluang bagi pendidikan karakter untuk mengembangkan nilai-nilai luhur budaya yang positif dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah pembelajaran musik. Pembelajaran musik yang banyak diikuti oleh anak adalah vokal, baik di sekolah, tempat kursus maupun di rumah anak bi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Intendia, Fitri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27136/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04332 am a22003133u 4500
001 repoupi_27136
042 |a dc 
100 1 0 |a Intendia, Fitri  |e author 
245 0 0 |a MODEL PELATIHAN KREATIVITAS VOKAL BERTEMA UNTUK ANAK USIA DINI DI PURWA CARAKA MUSIC STUDIO BANGBARUNG BOGOR 
260 |c 2016-08-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/27136/1/T_PSN_1402084_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27136/2/T_PSN_1402084_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27136/3/T_PSN_1402084_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27136/4/T_PSN_1402084_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27136/5/T_PSN_1402084_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27136/6/T_PSN_1402084_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27136/7/T_PSN_1402084_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27136/8/T_PSN_1402084_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27136/9/T_PSN_1402084_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27136/9/T_PSN_1402084_Appendix.pdf 
520 |a Lingkungan sekitar memberi peluang bagi pendidikan karakter untuk mengembangkan nilai-nilai luhur budaya yang positif dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah pembelajaran musik. Pembelajaran musik yang banyak diikuti oleh anak adalah vokal, baik di sekolah, tempat kursus maupun di rumah anak biasa diajarkan bernyanyi. Ironisnya, lagu yang beredar pada saat ini jarang memperdengarkan lagu anak-anak, sehingga tujuan dari pencapaian perkembangan musik anak tidak optimal karena musik untuk anak-anak tidak sesuai dengan usia mereka. Oleh karena itu, perlu ada terobosan dalam pelatihan vokal anak agar anak dapat termotivasi untuk menyukai kembali lagu anak. Penelitian dengan judul "Model Pelatihan Kreativitas Vokal Bertema untuk Anak Usia Dini di Purwa Caraka Music Studio Bangbarung Bogor" ini memberikan solusi pelatihan vokal anak berupa pelatihan kreativitas vokal bertema. Pelatihan kreativitas vokal bertema adalah pelatihan vokal anak berupa nyanyian singkat yang diciptakaan anak secara spontan, dan hasil yang diharapkan tidak ada batasan baik pada lirik, ritmik maupun melodi yang diciptakan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan metode Design Based Research (DBR). Hasil dari penelitian ini terbukti bahwa pelatihan kreativitas vokal bertema dapat memotivasi minat anak untuk mempelajari dan menyukai lagu anak, keberhasilan yang didapat sekitar 87.5%. Melalui kreativitas yang muncul pada proses pelatihan, anak dapat berkreasi melalui vokal bertema untuk menciptakan suatu karya musik anak secara spontan. Hasil kreativitas ini sangat baik untuk perkembangan serta bekal mereka di masa depan.;--- Surroundings gives education character an opportunity to develop positive cultural values in education, one of them is music learning. In general, children learn vocals either in school, private course or at house. Ironically, children songs in the present are rarely composed so that it causes minimum results of musical development in children because the songs are unsuitable for them. Therefore, a new breakthrough in vocal training is needed in order to motivate children to love kid songs. Thiscurrent research, entitled 'a childhood-themed vocal training model at Purwa Caraka Music Studio Bangbarung Bogor' offers themed vocal creativity training for early childhood as the solution. Themed vocal creativity training refers to a vocal training where children are expected to compose some short songs spontaneously without confining to the lyric, rhythm, or melody. This study categorized as qualitative research using Design Based Research (DBR) as the method. The results reveal that themed vocal creativity training can motivate children to learn and love kid songs; the success of this training reaches about 87.5%. Through the creativity appearing in the training process, themed vocal can help children to create music spontaneously. In addition, the result of this creativity is useful for children development and future. 
546 |a en 
690 |a M Music 
690 |a NX Arts in general 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27136/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27136/