ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS KIMIA SMA/MA KELAS XII MATERI SENYAWA TURUNAN ALKANA BERDASARKAN KRITERIA TAHAP SELEKSI DARI 4S TMD

Buku teks adalah bentuk bahan ajar yang banyak digunakan siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan buku teks pelajaran kimia SMA/MA Kelas XII yang paling banyak digunakan di SMA Negeri di Kota Bandung pada materi senyawa turunan alkana berdas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Silviana, Gina (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27188/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Buku teks adalah bentuk bahan ajar yang banyak digunakan siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan buku teks pelajaran kimia SMA/MA Kelas XII yang paling banyak digunakan di SMA Negeri di Kota Bandung pada materi senyawa turunan alkana berdasarkan kriteria tahap seleksi dari 4S TMD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluatif dengan metode analisis konten. Berdasarkan kriteria kesesuaian dengan kurikulum, materi senyawa turunan alkana dalam buku teks tersebut belum sepenuhnya sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Dari segi keluasan materi senyawa turunan alkana kurang luas karena tidak memuat 12 konsep yang dituntut oleh kurikulum dan terlalu luas karena memuat 22 konsep yang tidak dituntut olrh kurikulum. Dari segi kedalaman konsep, materi senyawa turunan alkana kurang dalam karena terdapat 9 konsep yang kurang dalam dan terdapat 2 konsep yang terlalu dalam. Kebenaran konsep pada materi senyawa turunan alkana belum sepenuhnya benar secara keilmuan. Hal ini ditunjukkan dengan ditemukannya 1 konsep yang salah. Penanaman nilai pada materi senyawa turunan alkana yaitu nilai disiplin, jujur, demokratis, bersahabat/komunikatif, kerja keras, dan peduli lingkungan. --- Textbooks are teaching materials that mostly affected the quality of learning. The aim of this study is to determine the properness of Chemical Textbooks for Grade XII in Senior Highschool which is used by most of the state high school in Bandung in derivatives of alkenes material, based on selection phase criteria on the 4S TMD. The research metodology is evaluative research by content analysis method. Based on criterion appropriate with curriculum demand, that derivatives of alkenes material of the book are not yet fully appropriate with 2013 curriculum demand. In terms of material broadness, the derivatives of alkenes ‎material is less broad because there are 12 concepts which are required by the curriculum but not included and derivatives of alkenes ‎material is too broad because there are 22 concepts which are not required by the curriculum. From analysis of its depth, revealed that 9 concepts is discussed less deep than it should be and 2 concepts is discussed deeper. Validity concepts in derivative of alkenes material are not yet fully invalid scientifically. The result showed that 1 concepts is not valid. Inculcation ‎of values in derivatives of alkenes material are discipline, honest, democratic, friendly/communicative, hard work, and environmental care.
Item Description:http://repository.upi.edu/27188/1/S_KIM_1202510_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27188/2/S_KIM_1202510_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27188/3/S_KIM_1202510_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27188/4/S_KIM_1202510_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27188/5/S_KIM_1202510_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27188/6/S_KIM_1202510_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27188/7/S_KIM_1202510_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27188/8/S_KIM_1202510_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27188/9/S_KIM_1202510_Bilbliography.pdf
http://repository.upi.edu/27188/10/S_KIM_1202510_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/27188/11/S_KIM_1202510_Appendix2.pdf