PENGARUH PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK BINA WISATA LEMBANG

Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Wisata Lembang. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoran, hal ini dibuktikan dengan masih terdapat siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minima...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yastuti, Dianda Fuji (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27269/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Wisata Lembang. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoran, hal ini dibuktikan dengan masih terdapat siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peran guru sebagai motivator merupakan faktor yang diduga memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini mengkaji seberapa besar pengaruh peran guru sebagai motivator (x) terhadap hasil belajar siswa (y). Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Responden adalah siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran SMK Bina Wisata Lembang sebanyak 90 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran guru sebagai motivator pada mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoran di SMK Bina Wisata Lembang berada pada kategori tinggi, (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoran di SMK Bina Wisata Lembang berada pada kategori rendah, (3) hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peran guru sebagai motivator berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. ; This research was held in SMK Bina Wisata Lembang. The problems to be studied in this research was an ineffective study results in productive Office Administration subject, this is proved because some student still not reach the minimum completeness criteria (KKM). The role of teachers as motivator is one of the factors that maybe have an influence towards the result of students learning. Therefore, this research examines how big the role of teachers as motivator (x) for the result of student learning (y). This research uses survey method with technique of collecting data questionnaires. The respondent is the student from grade X of Offce Administration class SMK Bina Wisata Lembang for 90 people. The technique of data analysis using regression analysis. The result of the research indicate that: (1) the role of teachers as motivator in productive Office Administration subject in SMK Bina Wisata Lembang was in a high category, (2) the result of the student learning in productive Office Administration subject in SMK Bina Wisata Lembang was in a low category, (3) the result of regression analysis indicate that the act of teachers role as motivator has a positive and significant influence towards the result of students learning.
Item Description:http://repository.upi.edu/27269/1/S_PKR_1200850_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27269/2/S_PKR_1200850_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27269/3/S_PKR_1200850_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27269/4/S_PKR_1200850_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27269/5/S_PKR_1200850_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27269/6/S_PKR_1200850_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27269/7/S_PKR_1200850_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27269/8/S_PKR_1200850_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27269/9/S_PKR_1200850_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27269/10/S_PKR_1200850_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/27269/11/S_PKR_1200850_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/27269/12/S_PKR_1200850_Appendix3.pdf
http://repository.upi.edu/27269/13/S_PKR_1200850_Appendix4.pdf