MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY BASED CONSTRUCTIVIST TEACHING (TBCT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SISWA SMA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami siswa SMA melalui model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan pendekatan Technology Based Constructivist Teaching (TBCT) dan mengetahui gambaran sikap siswa setelah mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan pendek...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Warliani, Resti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2727/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04712 am a22003613u 4500
001 repoupi_27270
042 |a dc 
100 1 0 |a Warliani, Resti  |e author 
245 0 0 |a MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY BASED CONSTRUCTIVIST TEACHING (TBCT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SISWA SMA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK 
260 |c 2016-08-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/1/T_FIS_1402801_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/2/T_FIS_1402801_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/3/T_FIS_1402801_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/4/T_FIS_1402801_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/5/T_FIS_1402801_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/6/T_FIS_1402801_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/7/T_FIS_1402801_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/8/T_FIS_1402801_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/9/T_FIS_1402801_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/10/T_FIS_1402801_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/11/T_FIS_1402801_Appendix2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/12/T_FIS_1402801_Appendix3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/13/T_FIS_1402801_Appendix4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27270/14/T_FIS_1402801_Appendix5.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami siswa SMA melalui model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan pendekatan Technology Based Constructivist Teaching (TBCT) dan mengetahui gambaran sikap siswa setelah mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan pendekatan TBCT. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design . Subyek penelitian adalah siswa SMA kelas XI sebanyak 67 orang yang terbagi ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan pendekatan TBCT sedangkan kelas kontrol mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan pendekatan Constructivist Teaching (CT). Pengukuran kemampuan memahami menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda pada materi gelombang mekanik sedangkan untuk mengukur sikap terhadap pembelajaran fisika menggunakan instrumen skala sikap yang terdiri dari beberapa pernyataan menggunakan skala likert. Temuan penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan memahami dengan perolehan skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g> untuk kelas eksperimen sebesar 0,51 berkategori sedang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 0,33. Hasil uji beda rerata menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan pendekatan TBCT secara signifikan dapat lebih meningkatkan kemampuan memahami siswa daripada penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan pendekatan CT. Hampir keseluruhan siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran Learning Cycle 7E dengan pendekatan TBCT. ; This study aims to determine the increase in the understanding achievment and knowing Response Profile Student in senior high school students through the Learning Cycle 7E model using TBCT Approach. Quasi-experimental research has been done on the 7E Learning Cycle using TBCT. This study uses a pretest-posttest control group design. The participants were 67 high school students of eleventh grade that were divided into experimental class and control class. Markedly, experimental class applying the Learning Cycle 7E through TBCT approach, while control class applying the 7E Learning Cycle through Constructivist Teaching approach (CT). Measurement of the understanding achievment using multiple choice test instrument on mechanical wave material and attitude scale using likert scale instrument. The findings show the increase of the understanding achievment of the experimental class is in the amount of 0.51 was higher than the control class that is in the amount of 0.33. The results of this study showed that the application of Learning Cycle 7E model using TBCT approach significantly improve the understanding achievment rather than the application of the Learning Cycle 7E model using CT approach. In general, most of the students perform positive feedback towards the application of Learning Cycle 7E model using TBCT approach. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QC Physics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27270/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2727/