PENGEMBANGAN ALAT UKUR TES PENALARAN BERDASARKAN KERANGKA TIMSS PADA TOPIK KINEMATIKA DAN DINAMIKA

Dalam setiap proses pembelajaran diperlukan penilaian hasil belajar untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran. Alat ukur tes yang digunakan dalam penilaian hasil belajar harus mampu mengukur kemampuan yang diukur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat ukur tes penalaran berdasa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Gojali, Dedi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2731/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04560 am a22003373u 4500
001 repoupi_27301
042 |a dc 
100 1 0 |a Gojali, Dedi  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN ALAT UKUR TES PENALARAN BERDASARKAN KERANGKA TIMSS PADA TOPIK KINEMATIKA DAN DINAMIKA 
260 |c 2016-10-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/27301/1/S_FIS_1201738_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27301/2/S_FIS_1201738_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27301/3/S_FIS_1201738_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27301/4/S_FIS_1201738_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27301/5/S_FIS_1201738_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27301/6/S_FIS_1201738_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27301/7/S_FIS_1201738_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27301/8/S_FIS_1201738_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27301/9/S_FIS_1201738_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27301/10/S_FIS_1201738_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27301/11/S_FIS_1201738_Appendix2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27301/12/S_FIS_1201738_Appendix3.pdf 
520 |a Dalam setiap proses pembelajaran diperlukan penilaian hasil belajar untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran. Alat ukur tes yang digunakan dalam penilaian hasil belajar harus mampu mengukur kemampuan yang diukur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat ukur tes penalaran berdasarkan kerangka Trends in International Mathematics and Science Studies (TIMSS) pada topik kinematika dan dinamika yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran siswa dan melihat profil penalaran siswa berdasarkan hasil ujicoba luas. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model 3D melalui tiga tahap yaitu, tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop). Pengembangan alat ukur tes dimulai dengan menganalisis kurikulum dan studi lapangan, kemudian dilanjutkan dengan menyusun kisi-kisi, membuat butir soal pilihan ganda, melakukan telaah alat ukur tes, melakukan ujicoba terbatas dan ujicoba luas. Butir soal yang dikembangkan sebagai alat ukur tes berupa butir soal pilihan ganda berjumlah 32 butir soal kemudian berkurang menjadi 27 soal berdasarkan hasil analisis ujicoba terbatas. Alat ukur tes penalaran diujicobakan pada 140 siswa SMA kelas XI di Kota Bandung, dengan 30 siswa peserta ujicoba terbatas dan 110 siswa peserta ujicoba luas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas alat ukur tes penalaran berdasarkan kerangka TIMSS pada topik kinematika dan dinamika yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas tes yang baik. Profil penalaran siswa menunjukan kemampuan tertinggi pada aspek menganalisis dan terendah pada aspek mengintegrasi/mensintesis. ; Assessment is needed in every learning procces for knowing the success of the instructions. The test instrument used on the assessment should make student reasoning run well. The objective of this research is for developing reasoning test instrument based on Trends in International Mathematics and Science Studies (TIMSS) in kinematics and dinamics topics that can measure student reasoning capabilities and knowing student reasoning capabilities. The method of this research is Research & Development type 3D which consisted three steps, defining, designing, and developing. The procces of developing test instrument is initialized by analyzing curriculum and field study. after that arranging framework instrument, making multiple choice problems, analyzing test instrument, doing limited testing, and doing comprehensive testing. There are 32 multiple choice problems developed and then decreased to 27 questions based on results of the analysis limited testing. The instrument was piloted out to 140 senior high school student in Bandung, with details 30 student for limited testing and 110 student for comprehensive testing. Result showed that quality of reasoning test instrument based on TIMSS framework on kinematics and dynamics topic which developed have fullfilled good criteria. Student reasoning profile showed highest capabilities on analyze and lower capabilities on intergrate/synthesize. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QC Physics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27301/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2731/