STUDI DESKRIPTIF PRINSIP-PRINSIP KONSUMSI MASYARAKAT MISKIN : Studi pada Masyarakat Penerima Zakat di BAZ Kota Bandung

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu perilaku konsumsi masyarakat miskin yang lebih mengutamakan kebutuhan duniawi sementara kebutuhan akhiratnya belum terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum prinsip-prinsip konsumsi masyarakat miskin, dilihat dari prinsip keadilan, pri...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sari, Dewi Kartika (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2731/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Permasalahan dalam penelitian ini yaitu perilaku konsumsi masyarakat miskin yang lebih mengutamakan kebutuhan duniawi sementara kebutuhan akhiratnya belum terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum prinsip-prinsip konsumsi masyarakat miskin, dilihat dari prinsip keadilan, prinsip kebersihan, prinsip kesederhanaan, prinsip kemurahan hati, dan prinsip moralitas. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 220 penerima zakat di BAZ Kota Bandung. Sampel penelitian berjumlah 68 orang dengan menggunakan sampel proporsional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan secara umum prinsip-prinsip konsumsi masyarakat penerima zakat di BAZ Kota Bandung dalam kategori cukup Islami. Di lihat dari prinsip keadilan menunjukkan kategori cukup adil, prinsip kebersihan menunjukkan kategori cukup bersih, prinsip kesederhanaan menunjukkan kategori cukup sederhana, prinsip kemurahan hati menunjukkan kategori cukup murah hati, dan prinsip moralitas menunjukkan kategori bermoral. ; The main problem of this research is consumption behaviour of poor society is prefer to fulfill worldly need then afterlife need is not yet completed. This aims of research is to know the general description of consumption principles in the poor society, as seen from the righteousness, cleanliness, moderation, beneficence, and morality. This research uses survey method with descriptive type. Population in this research is 220 recipients of Zakah in BAZ Bandung City. Sample in this research amounted to 68 persons using proportional random sampling. Data collected by using a questionnaire. Data analysis technique used descriptive statistics. The research show generally description of consumption principles of zakah recipients society in BAZ Bandung city is Islamic enough category. The righteousness is righteous enough category. The cleanliness is clean enough category. The moderation is modest enough category. The beneficence is beneficent enough category. The morality is moral category.
Item Description:http://repository.upi.edu/27310/1/S_PEK_1206324_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27310/2/S_PEK_1206324_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27310/3/S_PEK_1206324_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27310/4/S_PEK_1206324_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27310/5/S_PEK_1206324_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27310/6/S_PEK_1206324_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27310/7/S_PEK_1206324_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27310/8/S_PEK_1206324_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27310/9/S_PEK_1206324_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27310/10/S_PEK_1206324_Appendix.pdf