EKSPERIMEN PEMBELAJARAN FUN LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR SANITASI INDUSTRI

Rendahnya prestasi belajar, minat serta motivasi siswa pada mata pelajaran keamanan pangan menjadi akar permasalahan pada penelitian ini hal tersebut dapat diketahui dari 35 orang siswa hanya 10 orang saja yang mencapai KKM atau hanya 29%. Dalam penelitian ini masalah yang dirumuskan adalah "ap...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Darma, Ashadi Surya (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27321/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04606 am a22003133u 4500
001 repoupi_27321
042 |a dc 
100 1 0 |a Darma, Ashadi Surya  |e author 
245 0 0 |a EKSPERIMEN PEMBELAJARAN FUN LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR SANITASI INDUSTRI 
260 |c 2016-01-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/27321/1/S_PTA_1006745_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27321/2/S_PTA_1006745_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27321/3/S_PTA_1006745_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27321/4/S_PTA_1006745_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27321/5/S_PTA_1006745_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27321/6/S_PTA_1006745_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27321/7/S_PTA_1006745_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27321/8/S_PTA_1006745_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27321/9/S_PTA_1006745_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27321/10/S_PTA_1006745_Appendix.pdf 
520 |a Rendahnya prestasi belajar, minat serta motivasi siswa pada mata pelajaran keamanan pangan menjadi akar permasalahan pada penelitian ini hal tersebut dapat diketahui dari 35 orang siswa hanya 10 orang saja yang mencapai KKM atau hanya 29%. Dalam penelitian ini masalah yang dirumuskan adalah "apakah penerapan metode pembelajaran fun learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar sanitasi industri di kelas X Jurusan APHP SMK Negeri 4 Garut" tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran keamanan pangan khususnya pada kompetensi dasar sanitasi industri. Berdasarkan permasalahan dan tujuan di atas, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart dengan empat komponen yakni 1). Perencanaan, 2). Aksi/tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Untuk mendukung serta mempertajam pemecahan masalah, juga dibantu dengan studi kepustakaan. Hasil analisis data menggunakan rumus Normalized Gain didapatkan hasil pada siklus 1 dengan bantuan model examples non examples sebesar 0,51, pada siklus 2 dengan bantuan model crossword puzzle sebesar 0,54, dan pada siklus 3 dengan model team games tournament sebesar 0,56 yang mengindikasikan peningkatan hasil belajar berada pada kriteria sedang. Untuk kriteria nilai observasi siswa selalu mengalami peningkatan pada tiap siklusnya khususnya pada kriteria keaktifan dan kreativitas. Pembelajaran fun learning mampu meningkatkan prestasi belajar siswa hal tersebut diketahui dengan menurunnya siswa tidak lulus KKM pada siklus 1 sebanyak 4 orang, siklus 2 sebanyak 3 orang, dan siklus 3 sebanyak 11 orang. --- The low learning achievement, interest as well as the motivation of students on the subjects of food security becomes the basis of the problem in this study it can be seen from 35 students only 10 people who reach KKM or just 29%. The main problem is formulated "whether the application of fun learning method could improve student achievement in basic competencies in industrial sanitation class of X.A Department APHP SMK Negeri 4 Garut "The purpose of this study was to improve student achievement in the subject of food safety in particular on the basis of competence industrial sanitation. Based on the problem and the above objectives, the research method is a classroom action research Mc Taggart and Kemmis models with four components: 1). Planning, 2). Action, 3). Observation, and 4). Reflection. For support and sharpen problem-solving, also assisted with the study literature. Results of data analysis using the formula Normalized Gain in cycle 1 with examples non examples model of 0.51, the second cycle with crossword puzzle of 0.54, and at 0.56 for the third cycle with team games tournament indicating an increase in learning outcomes are the medium criteria. For criterion value observation average student getting satisfy results in each cycle especially for activity and creativity criteria. Fun learning method was able to improve performance student learning that are known to decrease the student does not pass the KKM in cycle 1 of 4 people, cycles 2 were 3 people, and cycles 3 of 11 people. 
546 |a en 
690 |a T Technology (General) 
690 |a TD Environmental technology. Sanitary engineering 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27321/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27321/