PENERAPAN MODIFIKASI BOLA DAN LAPANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN KASTI

permainan bola kasti di kelas VII SMPN 1 Jatiluhur Purwakarta. Cara pemecahan masalah dalam penelitian ini yaitu menerapkan modifikasi bola dan permainan. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana penggunaan modifikasi tersebut terhadap hasil belajar siswa dalam permainan kasti. Metode penelitian yang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Adiningsih, Febri Putranto (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2735/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:permainan bola kasti di kelas VII SMPN 1 Jatiluhur Purwakarta. Cara pemecahan masalah dalam penelitian ini yaitu menerapkan modifikasi bola dan permainan. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana penggunaan modifikasi tersebut terhadap hasil belajar siswa dalam permainan kasti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas atau classroom action research. Dalam penggunaan metode ini peneliti menggunakan dua siklus. Dalam setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah modifikasi permainan. Sementara variable terikatnya adalah hasil belajar siswa. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMPN 1 Jatiluhur Purwakarta. Hasil dari tindakan penelitian menunjukan bahwa nilai presentase awal ketika observasi sebesar 26.50 %. Masuk pada tindakan satu berubah menjadi 38.50%. tindakan 2 siklus satu naik menjadi 45%. Masuk pada siklus dua tindakan satu naik menjadi 60.5%. dan terakhir siklus dua tindakan dua hasil akhir memberikan data sebesar 77%. Dari hasil tersebut peneliti simpulkan bahwa dengan adanya modifikasi dalam pembelajaran permainan kasti yang memudahkan siswa, maka hasilnya akan memberikan hasil belajar siswa yang meningkat.;--- This research is motivated by the problem of student learning in a game of kasti in class VII SMPN 1 Jatiluhur Purwakarta. The ways a problem solving in this research is to apply modifications the ball and the game. The method used in this research is a action research or classroom action research. In using this method the researchers use two cycles. In each cycle consists of two acts. The independent variables in this study is a modified game. While the dependent variable is the student learning. For the population in this study were students of class VII SMPN 1 Jatiluhur Purwakarta. Results of action research shows that the percentage of the initial value is 26.50% for a before treathment. Sign in on the act one turned into 38.50%. 2 cycles of the action rose to 45%. Sign in cycle two of the actions rose to 60.5%. and the last two cycles of action two results provide data by 77%. From these results, the researchers conclude that the presence of modifications in learning the game of rounders that allows students, then the result will yield improved student learning.
Item Description:http://repository.upi.edu/27350/1/S_JKR_1000429_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27350/2/S_JKR_1000429_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27350/3/S_JKR_1000429_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27350/4/S_JKR_1000429_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27350/5/S_JKR_1000429_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27350/6/S_JKR_1000429_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27350/7/S_JKR_1000429_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27350/8/S_JKR_1000429_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27350/9/S_JKR_1000429_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27350/10/S_JKR_1000429_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/27350/11/S_JKR_1000429_Appendix2.pdf