ii PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN REPRESENTASI MATEMATIS KELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan spasial dan kemampuan representasi siswa dalam mengungkapkan ide /gagasan perlu digali. Maka penting sekali bagi guru untuk dapat mengetahui kemampuan siswa yang sebenarnya yang belum banyak ditel iti pada tingkat sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Furiwati, Risa Dea (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-18.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27391/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan spasial dan kemampuan representasi siswa dalam mengungkapkan ide /gagasan perlu digali. Maka penting sekali bagi guru untuk dapat mengetahui kemampuan siswa yang sebenarnya yang belum banyak ditel iti pada tingkat sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan hasil pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dengan pembelajaran konvensional dalam peningkatan kemampuan spasial dan representasi matematis siswa kelas V sekolah dasar p ada materi bangun ruang. Populasi penelitian ini adalah sekolah yang berada di Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Terdapat empat sekolah yang dijadikan sampel penelitian dan masing - masing sekolah diambil satu kelas. Dua kelas dijadikan kelas eksp erimen dan dua kelas lainnya dijadikan kelas kontrol. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen, dengan desai n kelompok pretes dan postes. Pengumpulan data penelitian diambil dari tes kemampuan spasial, tes kemampuan representasi, lembar observasi siswa dan guru. Analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan beberapa hasil penelitian. Pertama, PMR secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa pada level sekolah tinggi. Kedua, PMR secara signifikan dapat meningkatkan representasi matema tis siswa pada level sekolah tinggi dan sedang. Hal ini terjadi karena PMR lebih banyak mengkontruksi pengetahuan dan pengalaman siswa, melatih kemandirian belajar siswa, dan banyak memfasilitasi siswa dalam melakukan representasi berdasarkan masalah konte kstual. Pembelajaran konvensional dapat meningkatkan kemampuan spasial dan representasi matematis, jika aspek dalam pembelajaran dilakukan dengan benar:--- This research of background spatial abilities and representation of students in expressing ideas / notion should be explored. I t is important for teachers to able know the ability of students who actually have not been studied at the primary school level. Objective of this study to compare the results of Implementation of Reaslistic Mathematics Education with conventional learning in improving t he spatial and representation 's student Fifth Grade of Elementary School in Solids material . Population of t his study is school located in District Leuwimunding the regency Majalengka. There are four schools that the research sample and each school is taken one class. Two classes used as an experimental class and two other classes used as a control group. The method used is quasi experiment with pretest and posttest design group. The data collection were taken from the spatial tests, tests of representa tion, student and teacher observation sheet. Data analysis and hypothesis testing showed some of the results. First, RME can significantly improve the spatial abilities of students at the high school level. Second, RME can significantly improve the mathema tical representation of students at high and m iddle school level . This occured because the RME more students to construct ed knowledge and experience, to train students' independe nt learning, and many facilitated students in making representations based con textual problems. Conventional learning can improve spatial and mathematical representation, if the aspect in the learning is done correctly.
Item Description:http://repository.upi.edu/27391/1/T_PD_1402882_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27391/2/T_PD_1402882_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27391/3/T_PD_1402882_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/27391/4/T_PD_1402882_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/27391/5/T_PD_1402882_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/27391/6/T_PD_1402882_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/27391/7/T_PD_1402882_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/27391/8/T_PD_1402882_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/27391/9/T_PD_1402882_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27391/10/T_PD_1402882_Appendix.pdf