PERSEPSI MAHASISWA TENTANG EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WORKSHOP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PTB DPTS FPTK UPI DI BIDANG KEAHLIAN KEJURUAN

Penggunaan workshop merupakan pelaksanaan pembelajaran praktikum yang dilaksanakan di bengkel kerja. Diharapkan kepada semua mahasiswa yang telah mengikuti pembelajaran menggunakan workshop, kemampuan di bidang keahlian kejuruan terutama batu dan beton dapat meningkat. Kenyataannya setelah melakukan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurjaman, Asep (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2746/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penggunaan workshop merupakan pelaksanaan pembelajaran praktikum yang dilaksanakan di bengkel kerja. Diharapkan kepada semua mahasiswa yang telah mengikuti pembelajaran menggunakan workshop, kemampuan di bidang keahlian kejuruan terutama batu dan beton dapat meningkat. Kenyataannya setelah melakukan observasi tanya jawab dengan pengelola workshop , masih banyak mahasiswa yang belum mampu mengaplikasikan bahan dan peralatan yang berada di workshop dan masih banyak mahasiswa yang tidak memanfaatkan workshop dengan sebaik - baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang efektivitas penggunaan workshop dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa program studi PTB DPTS FPTK UPI di bidang keahlian kejuruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan dianalisis sesuai dengan metode statistik persentase. Instrument pengumpulan data menggunakan angket pernyataan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 mahasiswa dari jumlah populasi 120 mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2012, 2013, dan 2014. Dari hasil analisis data diperoleh gambaran umum dari persepsi mahasiswa tentang efektivitas penggunaan workshop dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa program studi PTB DPTS FPTK UPI di bidang keahlian kejuruan adalah bahwa mahasiswa memiliki persepsi sebagian besar positif namun belum seluruhnya dan masuk kedalam kriteria efektif. Kata Kunci : Workshop, Efektivitas, Kemampuan, Persepsi. The utilization of workshop is the implementation of learning laboratory in FPTK. It's be expected to all the student which has follow learning at the workshop, the ability in vocational skills especially in vocational of stone and concrete can be increased. In the reality after observation debriefing with the workshops manager, there are still many students has not been able to applying materials and equipment who was in the workshop and there are still many student not utilized workshop. This study aims to know student perception about effectiveness the use of workshop to improve the ability of students PTB DPTS FPTK UPI in vocational skills. This study is descriptive quantitative research methods and analyzed in accordance with the percentage statistical method. Instrument collecting data using questionnaires statement. The sample in this study is 55 students from the total population of 120 students from Education Building Techniques class of 2012, 2013 and 2014. From the analysis of the data obtained an overview of the students' perceptions about the effectiveness the use of workshop to improve the ability of students PTB DPTS FPTK UPI in vocational skills shown positive perception but not yet fully and effective criteria. Keywords: Workshop, Effectiveness, Ability, Perception.
Item Description:http://repository.upi.edu/27460/1/S_TB_0905909_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27460/2/S_TB_0905909_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27460/3/S_TB_0905909_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27460/4/S_TB_0905909_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/27460/5/S_TB_0905909_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/27460/6/S_TB_0905909_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/27460/7/S_TB_0905909_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/27460/8/S_TB_0905909_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/27460/9/S_TB_0905909_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27460/10/S_TB_0905909_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/27460/11/S_TB_0905909_Appendix2.pdf