MASA KECILKU SEBAGAI GAGASAN BERKARYA SENI LUKIS

Masa kecil adalah masa yang paling indah, di masa anak-anak kita tidak terbebani dengan hiruk pikuk yang terjadi ketika telah dewasa. Peran daya imajinasi pada masa anak-anak ternyata dapat mempengaruhi dalam kehidupan anak tersebut untuk bertumbuh kembang khususnya ketika sedang bermain. Proses ima...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Anugrah, Yuwan Fijar (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27473/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05357 am a22003133u 4500
001 repoupi_27473
042 |a dc 
100 1 0 |a Anugrah, Yuwan Fijar  |e author 
245 0 0 |a MASA KECILKU SEBAGAI GAGASAN BERKARYA SENI LUKIS 
260 |c 2016-08-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/27473/1/S_SRP_0901294_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27473/2/S_SRP_0901294_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27473/3/S_SRP_0901294_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27473/4/S_SRP_0901294_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27473/5/S_SRP_0901294_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27473/6/S_SRP_0901294_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27473/7/S_SRP_0901294_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27473/8/S_SRP_0901294_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27473/9/S_SRP_0901294_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27473/10/S_SRP_0901294_Appendix.pdf 
520 |a Masa kecil adalah masa yang paling indah, di masa anak-anak kita tidak terbebani dengan hiruk pikuk yang terjadi ketika telah dewasa. Peran daya imajinasi pada masa anak-anak ternyata dapat mempengaruhi dalam kehidupan anak tersebut untuk bertumbuh kembang khususnya ketika sedang bermain. Proses imajinatif pada masa anak-anak merupakan fenomena yang menarik untuk dijadikan ide kreatif, oleh karena itu penulis berkeinginan mengambil imajinasi penulis semasa kecil untuk dijadikan ide gagasan dalam berkarya seni. Pembuatan karya skripsi ini memiliki beberapa tujuan, yaitu: 1. Bagaimana mengembangkan gagasan pada karya masa kecilku yang akan diaplikasikan pada seni lukis, 2. Mendeskripsikan visual masa kecilku yang akan diaplikasikan pada seni lukis. Metode penciptaan yang digunakan melalui tahap pencarian ide, stimulasi, kontemplasi, prosedur penciptaan, deskripsi dan apresiasi. Merangkai unsur-unsur dan prinsip seni rupa pada medium kanvas menggunakan cat akrilik. Proses berkarya mencakup pecarian ide dari pengalaman masa kecil penulis yang diolah melalui gambar sketsa untuk dieksplorasi objek. Kemudian sketsa dieksekusi pada kanvas. Karya lukis yang penulis buat berjumlah tiga buah karya, pada karya pertama berjudul "space traveler" berukuran 175 x 175 cm, yang menampilkan objek anak berseragam asronot yang sedang melayang di ruang angkasa menggambarkan imajinasi dari cita-cita penulis di masa kecil, karya yang kedua berjudul "survivor" berukuran 175 x 190 cm, melukiskan diri penulis semasa kecil yang sedang berada di medan perang menggambarkan ide imajinatif dari mainan sederhana seperti batang daun pisang yang terlukiskan pada karya kedua, dan karya yang ketiga berjudul ''I can fly'' berdiameter 175 cm. divisualisasikan dengan objek potret diri penulis semasa kecil yang sedang meniup gelembung sabun sambil terbawa terbawa terbang didalam gelembung sabun, menggambarkan imajinasi yang muncul dari permainan favorit penulis semasa itu. Dengan penciptaan karya lukis ini diharapkan dapat membangun komunikasi antara penulis dan masyarakat luas melalui seni lukis.;---Childhood is the most beautiful, in the future our children are not burdened with the bustle that occurs when an adult. The role of imagination in childhood that can affect the lives of these children to grow flowers, especially when you're playing. Imaginative process in childhood is an interesting phenomenon to be creative ideas, therefore the author desirous of taking the author's imagination as a child to be an idea ideas in the work of art. Making the work of this thesis has several objectives, namely: 1. How to develop ideas on the work of my childhood that will be applied to the art of painting, visual 2. Describe my childhood that will be applied to the art of painting. Creation methods used through the discovery stage of ideas, stimulation, contemplation, creation procedures, descriptions and appreciation. Assembling the elements and principles of art on canvas using acrylic paint medium. Pecarian working process includes the idea of childhood experiences writer is processed through the drawing object to be explored. Then sketch executed on canvas. Paintings that the author made of three pieces of work, the first work titled "space traveler" measuring 175 x 175 cm, which displays the child object uniformed asronot who was floating in space describes the imagination of the ideals of the author in childhood, the work of the second entitled "survivor" measuring 175 x 190 cm, depicts the writer as a child who was in the battlefield illustrate the imaginative idea of a simple toy like stems of banana leaves portrayed in the work of both, and the work of the third titled '' I can fly '' diameter 175 cm. visualized with the object of self-portrait of the author as a child who is blowing bubbles as he brought in a soap bubble fly-borne, depicts the imagination that arises from the author's favorite game during it. With the creation of the painting is expected to establish communication between the writer and society through art. 
546 |a en 
690 |a ND Painting 
690 |a NX Arts in general 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27473/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27473/