PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD IQRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR MEMBACA AL-QUR'AN ANAK

Penelitian ini bertujuan dengan penggunaan media flash card iqra dapat meningkatkan kemampuan dasar membaca Al-Qur'an anak di kelompok B TK Nun Domba Kota Serang Tahun Ajaran 2016-2017. Mengingat sangat pentingnya mengenalkan Al-Qur'an kepada anak sejak usia dini maka penelitian ini dibuat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: amaliah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2755/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03135 am a22002893u 4500
001 repoupi_27550
042 |a dc 
100 1 0 |a amaliah, -  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD IQRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR MEMBACA AL-QUR'AN ANAK 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/27550/2/S_KDSERANG_1306117_Cover-Halaman%20Pernyataan%20Persetujuan.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27550/3/S_KDSERANG_1306117_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27550/4/S_KDSERANG_1306117_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27550/5/S_KDSERANG_1306117_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27550/6/S_KDSERANG_1306117_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27550/7/S_KDSERANG_1306117_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27550/8/S_KDSERANG_1306117_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27550/9/S_KDSERANG_1306117_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27550/10/S_KDSERANG_1306117_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27550/11/S_KDSERANG_1306117_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan dengan penggunaan media flash card iqra dapat meningkatkan kemampuan dasar membaca Al-Qur'an anak di kelompok B TK Nun Domba Kota Serang Tahun Ajaran 2016-2017. Mengingat sangat pentingnya mengenalkan Al-Qur'an kepada anak sejak usia dini maka penelitian ini dibuat agar membantu mempermudah anak dalam belajar membaca Al-Qur'an menggunakan media flash card iqra. Media flash card iqra adalah salah satu metode alternatif untuk membantu merangsang dan memudahkan anak agar lebih cepat mengenal huruf hijaiyyah dalam belajar membaca Al-Qur'an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, satu siklusnya di lakukan dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa penggunaan media flash card iqra dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an anak di kelompok B TK Nun Domba Kota Serang Tahun Ajaran 206-2017. Hal ini dinyatakan dengan benar bahwa adanya peningkatan membaca Al-Qur'an anak dapat dilihat dari hasil data yang diperoleh mulai dari pra siklus tes membaca Al-Qur'an 28%, siklus I hasil observasi membaca Al-Qur'an 57% dan hasil tes membaca Al-Qur'an 49%, siklus II hasil observasi membaca Al-Qur'an 70% dan hasil tes membaca Al-Qur'an 70%. Rekomendasi ditujukan untuk yayasan pendidikan dan guru dapat menggunakan media flash card iqra sebagai media alternatif belajar membaca Al-Qur'an anak usia dini, serta untuk anak agar memudahkan belajar membaca Al-Qur'an dan untuk peneliti selanjutnya dapat membuat media pembelajaran sebuah inovasi baru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an kepada anak usia dini. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27550/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2755/