PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI

Penelitian ini dilakukan di kelompok B TK Nurul Ihsan Kabupaten serang dengan jumlah subjek 12 orang anak terdiri dari 6 orang laki-lakidan 6 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan oleh penulis berdasarkan masalah yang didapatkan pada lapangan berupa adanya kemampuan membaca permulaan yang masih...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: sidik, argalesta m (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27551/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan di kelompok B TK Nurul Ihsan Kabupaten serang dengan jumlah subjek 12 orang anak terdiri dari 6 orang laki-lakidan 6 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan oleh penulis berdasarkan masalah yang didapatkan pada lapangan berupa adanya kemampuan membaca permulaan yang masih kurang maksimal dan setelah dilakukannya wawancara tidak terstruktur dan observasi. Penyebab minimnya peningkatkan pada kelompok B berupa guru kelas menggunakan media yang kurang menunjang untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Dari permasalah ini penulis memiliki solusi yang bertujuan untuk mengembangkan media ular tangga untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan langkah-langkah guru dalam menggunakan media tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan pedekatan kualitatif dan metode penelitian tindakan kelas, penelitian ini memiliki model empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi dan dilaksanakan dengan tiga siklus. Pada penelitian ini penulis sebagai peneliti sendiri dengan dibantu dengan teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara, dokumentasi serta hasil test. Hasil penelitian sebelum diberikan tindakan mendapatkan hasil 33,25% setelahdilakukan tindakan mendapatkan 45,75% pada siklus I, pada siklus II 62,50%, padasiklus III 85,25%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan menggunakan media ular tangga dapat meningkatan kemampuan membaca permulaan di kelompok B TK Nurul Ihsan Kabupaten Serang. Maka dengan ini penulis merekomendasikan kepada semua guru pendidikan anak usia dini untuk menggunakan media ular tangga sebagai media untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini.
Item Description:http://repository.upi.edu/27551/1/S_KDSERANG_1301768_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27551/2/S_KDSERANG_1301768_Abstrack.pdf
http://repository.upi.edu/27551/3/S_KDSERANG_1301768_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/27551/4/S_KDSERANG_1301768_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/27551/5/S_KDSERANG_1301768_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/27551/6/S_KDSERANG_1301768_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/27551/7/S_KDSERANG_1301768_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/27551/8/S_KDSERANG_1301768_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/27551/9/S_KDSERANG_1301768_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27551/10/S_KDSERANG_1301768_Appendix.pdf