MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI BONEKA TANGAN

Permasalahan yang saat ini ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Serang adalah rendahnya kemampuan berbicara Peserta didik. Karena metode yang digunakan pada saat pembelajaran adalah hanya menggunakakan lembar kerja, Peserta didik merasa bosan dan jenuh ketika pembelajaran berlangsung. Penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: mayangsari, devi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-07-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27554/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Permasalahan yang saat ini ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Serang adalah rendahnya kemampuan berbicara Peserta didik. Karena metode yang digunakan pada saat pembelajaran adalah hanya menggunakakan lembar kerja, Peserta didik merasa bosan dan jenuh ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berbicara Peserta didik usia dini dengan penerapan menggunakan metode bercerita melalui media boneka tangan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Serang Banten. Subjek sasaran yang dijadikan sebagai tujuan penelitian ini adalah Peserta didik TK yang berusia 5 sampai 6 tahun, dalam satu kelas berjumlah 20 Peserta didik kelas B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1, terdiri dari 7 Peserta didik perempuan dan 13 Peserta didik laki-laki. Teknik penggumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, dokumentasi, serta instrumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan checklist berupa lembar pengamatan. Dalam teknik analisis data ini akan di analisis berupa data dari lembar pengamatan pada saat kegiatan berbicara menggunakan metode bercerita dengan media boneka tangan berlangsung. Data yang diperoleh akan dianalisa dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data yang terkumpul sebagaimana adanya Statistik deskriptif sifatnya sangat sederhana dalam arti tidak menghitung dan tidak pula menggeneralisasikan hasil penelitian (Suharsimi Arikunto, 2005: 182). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada Peserta didik Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Serang Banten. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan kemampuan berbicara dari berbicara Peserta didik sebesar 48%, meningkat pada Siklus I menjadi 72,4%, dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 83,8%.
Item Description:http://repository.upi.edu/27554/1/S_KDSERANG_1305242_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27554/2/S_KDSERANG_1305242_Abstack.pdf
http://repository.upi.edu/27554/3/S_KDSERANG_1305242_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/27554/4/S_KDSERANG_1305242_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27554/5/S_KDSERANG_1305242_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27554/6/S_KDSERANG_1305242_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27554/7/S_KDSERANG_1305242_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27554/8/S_KDSERANG_1305242_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27554/9/S_KDSERANG_1305242_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/27554/10/S_KDSERANG_1305242_Bibliography.pdf