PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK

Kondisi yang dilihat sekarang ini bahwa permainan tradisional di Indonesia sangat amat jarang dimainkan oleh anak-anak dan zaman sekarang ini anak usia dini jarang sekali diperkenalkan dengan kebudayaannya sendiri yang salah satunya adalah permainan tradisional dan masih adanya anak-anak yang belum...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: wahyuni, dwi bekti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2756/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02979 am a22002893u 4500
001 repoupi_27560
042 |a dc 
100 1 0 |a wahyuni, dwi bekti  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/27560/1/S_KDSERANG_1305739_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27560/2/S_KDSERANG_1305739_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27560/3/S_KDSERANG_1305739_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27560/4/S_KDSERANG_1305739_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27560/5/S_KDSERANG_1305739_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27560/6/S_KDSERANG_1305739_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27560/7/S_KDSERANG_1305739_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27560/8/S_KDSERANG_1305739_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27560/9/S_KDSERANG_1305739_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27560/10/S_KDSERANG_1305739_Appendix.pdf 
520 |a Kondisi yang dilihat sekarang ini bahwa permainan tradisional di Indonesia sangat amat jarang dimainkan oleh anak-anak dan zaman sekarang ini anak usia dini jarang sekali diperkenalkan dengan kebudayaannya sendiri yang salah satunya adalah permainan tradisional dan masih adanya anak-anak yang belum berkembang dengan baik perkembangan sosialnya. Padahal permainan tradisional sangat berperan penting pada tumbuh kembang anak dan untuk meningkatkan aspek perkembangan sosialnya. Eksperimen adalah penelitian yang digunakan dengan jenis quasi eksperimen Non-equivalent Control Group Desaign. Kelas yang dijadikan penelitian adalah dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Observasi, wawancara dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan datanya. Anak yang dijadikan sampel adalah anak kelompok B2 serta B3 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Serang yang berjumlah masing-masing 20 anak. Berdasarkan hasil temuan penelitian yang dilakukan dari hasil pengamatan sikap anak, diperoleh nilai akhir rata-rata perkembangan sosial pada kelas eksperimen 32,3 sedangkan nilai akhir rata-rata pada kelas kontrol 29,35. Kemudian pada uji-t perbedaan dua rata-rata sebesar 0,024, karena 0,024 < 0,05 maka Ho ditolak maksudnya adalah terjadinya pengaruh perkembangan sosial anak setelah dilakukan permainan tradisional engklek. Selanjutnya rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol bernilai 0,4578 dan 0,3398. Maka terdapat peningkatan dan perbedaan perkembangan sosial anak yang lebih baik pada kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan permainan tradisional engklek dibandingkan perkembangan sosial anak pada kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27560/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2756/