ANALISIS POLA PEMAHAMAN ANAK TERHADAP PERMAINAN CONGKLAK SEBAGAI ALTERNATIF PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK 5-6 TAHUN

Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia dini dengan menggunakan media pembelajaran permainan congklak yang dilakukan di TK Yayasan Wanita Kereta Api Kelas B, adapun subjek penelitian yang dilakukan kepada anak usia dini yang berjumlah 20 orang, 10 laki...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: fitri, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2757/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia dini dengan menggunakan media pembelajaran permainan congklak yang dilakukan di TK Yayasan Wanita Kereta Api Kelas B, adapun subjek penelitian yang dilakukan kepada anak usia dini yang berjumlah 20 orang, 10 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis dimana didalamnya terdapat teknik pengumpulan data yang berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Observasi dilakukan kepada anak pada saat penelitian dan lembar wawancara dilakukan kepada guru kelas. Peneliti berharap dengan dilakukan penelitian di tk yayasan wanita kereta api dapat meningkatkan kemampuan anak yaitu kemampuan kognitifnya dengan menggunkan media pembelajaran permainan congklak, akan tetapi hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian anak masih kurang pemahamannya pada saat pembelajaran dilakukan maka daripada itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan media permainan congklak. Permainan congklak merupakan hal yang mudah yang bisa dilakukan oleh anak usia dini cara memainkan permainan dengan sederhana dengan menggunakan biji congklak yang terdapat dalam permainan congklak. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa hanya ada 4 orang anak yang masih lambat dalam perkembangannya terlihat pada saat berhitung menggunakan permainan congklak, berbeda dengan yang sebelum dilakukan, pada saat sebelum dilakukan ada 9 orang anak yang awalnya masih belum paham namun beberapa anak perkembangannya memang sangat cepat. Hal ini terlihat pada tabel 1.1, 1.2, 1.3 yang sebelum dilakukan penelitian dengan menggunakan media pembelajaran permain congklak, dan terlihat juga pada tabel serta hasil akhir dari yang sesudah dilakukan dengan menggunakan media pembelajaram permainan congklak.Dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan media pembelajaran permainan congklak dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada saat pembelajaran dilakukan dan membawa pengaruh positif terhadap anak usia dini dikelas b. Dengan menggunakan media pembelajaran permainan congklak kemampuan kognitif anak akan menjadi meningkat dan perkembangannya menjadi semakin lebih baik lagi, hal ini terlihat pada tabel dan hasil yang sebelum dan sesudah dilakukan penelitian.
Item Description:http://repository.upi.edu/27570/1/S_%20KDSERANG_%201305355_%20Tittle.pdf
http://repository.upi.edu/27570/2/S_%20KDSERANG_%201305355_%20Abstrack.pdf
http://repository.upi.edu/27570/3/S_%20KDSERANG_%201305355_%20Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27570/4/S_%20KDSERANG_%201305355_%20Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27570/5/S_%20KDSERANG_%201305355_%20Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27570/6/S_%20KDSERANG_%201305355_%20Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27570/7/S_%20KDSERANG_%201305355_%20Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27570/8/S_%20KDSERANG_%201305355_%20Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27570/9/S_%20KDSERANG_%201305355_%20Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27570/10/S_%20KDSERANG_%201305355_%20Appendix.pdf