HUBUNGAN TIPE POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK VISI INSAN CENDEKIA UNYUR SERANG

Kecerdasan emosional adalah hal yang sangat berguna dan berpengaruhterhadap kehidupan seseorang, baik padamasasekarangmaupunmasadepan. Adapun faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional seseorang adalah faktor dalamdanfaktorluar, salah satu faktor dalamyaitu faktor bawaan yang ada dalam diri seseo...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: anggraeni, fitriya (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27571/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03527 am a22002893u 4500
001 repoupi_27571
042 |a dc 
100 1 0 |a anggraeni, fitriya  |e author 
245 0 0 |a HUBUNGAN TIPE POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK VISI INSAN CENDEKIA UNYUR SERANG 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/27571/1/S_KDSERANG_13000363_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27571/2/S_KDSERANG_13000363_Abstrack.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27571/3/S_KDSERANG_1300363_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27571/4/S_KDSERANG_1300363_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27571/5/S_KDSERANG_1300363_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27571/6/S_KDSERANG_1300363_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27571/7/S_KDSERANG_1300363_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27571/8/S_KDSERANG_1300363_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27571/9/S_KDSERANG_1300363_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27571/10/S_KDSERANG_1300363_Appendix.pdf 
520 |a Kecerdasan emosional adalah hal yang sangat berguna dan berpengaruhterhadap kehidupan seseorang, baik padamasasekarangmaupunmasadepan. Adapun faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional seseorang adalah faktor dalamdanfaktorluar, salah satu faktor dalamyaitu faktor bawaan yang ada dalam diri seseorang, sedangkan faktor eksternal salah satunya yaitu pola asuh orang tua, pola asuh yang diterapkan sangat berdampak pada perkembangan kecerdasan emosional seseorang, dimana pola asuh tersebut diterapkan orang tua dengan berbagai tipe, salah satunya adalah tipe pola asuh demokratis, otoriter, dan kebebasan. Ketiga tipe tersebut banyak diterapkan oleh orang tua kepada anak,dampaknya akan terlihat ketika bagaimana perkembangan kecerdasan emosional anak dalam menghadapi tantangan dan menjalani kehidupan sehari-hari, dampak tersebut dapat berupa negatif maupun positif. Oleh karena itu kecerdasan emosional anak perlu diperhatikan dengan baik oleh orang tua, karena kecerdasan emosional anak akan berpengaruh besar terhadap perjalanan hidupnya di masa yang sekarangdandimasa yang akan datang. Seseorang dikatakan memiliki kecerdasan emosional apabila dalam kehidupannya mampu mengenali emosi diri sendiri, mampu mengenali emosi orang lain, memiliki empati yang baik, membina hubungan yang baik dengan orang lain dan mampu menghadapi segala permasalahan dengan baik. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat bagaimana hubungan tipe pola asuh orang tua dengankecerdasan emosional anak usia dini di TK Visi Insan Cendekia Unyur Serang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasi yaitu jenis penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel X dan variabel Y. Sampel yang digunakan berjumlah 50 orang tua siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil untuk mendapatkan data tersebut yaitu dengan cara menyebarkan angket kepada 50 orang responden dengan memiliki beberapa item pernyataan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di TK Visi Insan Cendekia Unyur Serang bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak, yaitu dengan taraf signifikansi 0,05. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27571/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27571/