KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Serang bahwa kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B masih banyak yang belum mampu mengenal bilangan, menuliskan bilangan dengan terbalik seperti angka empat dan tujuh, belum mampu b...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: herlina, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27578/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03200 am a22002893u 4500
001 repoupi_27578
042 |a dc 
100 1 0 |a herlina, -  |e author 
245 0 0 |a KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/27578/1/S_KDSERANG_1305867_Title.docx 
500 |a http://repository.upi.edu/27578/2/S_KDSERANG_1305867_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27578/3/S_KDSERANG_1305867_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27578/4/S_KDSERANG_1305867_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27578/5/S_KDSERANG_1305867_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27578/6/S_KDSERANG_1305867_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27578/7/S_KDSERANG_1305867_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27578/8/S_KDSERANG_1305867_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27578/9/S_KDSERANG_1305867_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27578/10/S_KDSERANG_1305867_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Serang bahwa kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B masih banyak yang belum mampu mengenal bilangan, menuliskan bilangan dengan terbalik seperti angka empat dan tujuh, belum mampu berhitung secara sederhana dan bingung menghubungkan konsep bilangan dengan lambangb ilangan. Berdasarkan hasil pra penelitian tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung permulaan anak usia dini melalui permainan tradisional congklak pada kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Serang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi anak, wawancara guru, dan tes.Teknik pengumpulan data dilakukan selama delapan hari, satu hari wawancara guru kelompok B, empat hari observasi kemampuan berhitungan anak melalui permainan congklak, dan tiga hari tes kemampuan berhitung permulaan anak. Observasi pembelajaran melalui permainan congklak dilakukan selama empat hari, hasil observasi pembelajaran yaitu anak mengalami peningkatan setiap harinya mulai dari belum berkembang menjadi berkembang, mulai berkembang menjadi berkembang sesuai harapan dan berkembang sesuai harapan menjadi berkembang sangat baik.Wawancara dilakukan kepada guru sebelum penelitian dilaksanakan, hasil wawancara kelompok B yaitu masih bayak kemampuan berhitung permulaan anak yang masih rendah sehingga perlu metode yang dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak.Tes kemampuan berhitung permulaan anak dilakukan melalui lembar kerja anak, hasilteskelompok B mendapatkan nilai rata-rata 3,12 yang artinya berkembang sesuai harapan. Dari hasil penelitian maka permainan tradisional congklak dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27578/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27578/