ANALISIS SISTEM PERMAINAN PUZZLE SEBAGAI ALTERNATIF PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK KARTIKA SILIWANGI XIX 39 SERANG - BANTEN

Kognitif merupakan kemampuan yang di miliki oleh individu untuk berfikir kompleks sehingga kemampuan penalaran dan pemecahan sebuah masalah dapat diselesaikan . Dalam hal ini kemampuan kognitif anak dapat dipenuhi dengan bermain , karena bermain merupakan kebutuhan anak yang secara aktif terlibat de...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: situmorang, mariaty (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27582/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kognitif merupakan kemampuan yang di miliki oleh individu untuk berfikir kompleks sehingga kemampuan penalaran dan pemecahan sebuah masalah dapat diselesaikan . Dalam hal ini kemampuan kognitif anak dapat dipenuhi dengan bermain , karena bermain merupakan kebutuhan anak yang secara aktif terlibat dengan lingkungan sekitar dan dapat menerima pengalaman baru sehingga anak dapat menghasilkan suatu karya. Dari hasil observasi peneliti pada kelompok B TK Kartika Siliwangi XIX 39 - Serang, ditemukan beberapa anak belum mampu mengingat dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari kegiatan anak saat mewarnai gambar. Pada kegiatan mewarnai , sebagian besar belum dapat mengingat warna sesuai dengan asli nya. Puzzle adalah Salah satu permainan yang membutuhkan daya pikir dan ketelitian sehingga melatih anak untuk memusatkan pikiran karena anak harus berkonsentrasi ketika menyusun bongkaran dan kepingan puzzle menjadi gambar yang seutuhnya dan tepat. Melalui permainan puzzle, anak dapat berpikir letak potongan puzzle yang sesuai dan tepat . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa permainan puzzle dapat menjadi alternatif pembuatan media pembelajaran kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Kartika Siliwangi XIX 39 - Serang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas - aktivitas anak selama kegiatan bermain puzzle dan percakapan kepada guru / wali kelas anak untuk mendapatkan informasi yang lebih kompleks. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa permainan puzzle dapat menjadi alternatif pembuatan media pembelajaran dalam kemampuan kognitif anak di TK Kartika Siliwangi XIX 39 - Serang .
Item Description:http://repository.upi.edu/27582/1/S_KDSERANG_1301190_%20COVER%20_LEMBAR%20HAK%20CIPTA_PENGESAHAN.pdf
http://repository.upi.edu/27582/2/S_KDSERANG_1301190_ABSTRACT.pdf
http://repository.upi.edu/27582/3/S_KDSERANG_1301190_TABLE_OF_CONTENT.pdf
http://repository.upi.edu/27582/4/S_KDSERANG_1301190_CHAPTER1.pdf
http://repository.upi.edu/27582/5/S_KDSERANG_1301190_CHAPTER2.pdf
http://repository.upi.edu/27582/6/S_KDSERANG_1301190_CHAPTER3.pdf
http://repository.upi.edu/27582/7/S_KDSERANG_1301190_CHAPTER4.pdf
http://repository.upi.edu/27582/8/S_KDSERANG_1301190_CHAPTER5.pdf
http://repository.upi.edu/27582/9/S_KDSERANG_1301190_BIBLIOGRAPHY.pdf
http://repository.upi.edu/27582/10/S_KDSERANG_1301190_ABSTRACT.pdf