UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA KELAS B TKQ AL HIKMAH BOGOR TAHUN AJARAN 2016/2017

Hal yang melatar belakangi penelitian ini didasari atas hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada saat proses pembelajaran dan didapati peserta didik yang belum terampil berbicara. Hal tersebut dapat di lihat dari kegiatan peserta didik yang sulit sekali untuk berbicara dengan temannya, belum bera...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: elentia, muti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27584/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02981 am a22002893u 4500
001 repoupi_27584
042 |a dc 
100 1 0 |a elentia, muti  |e author 
245 0 0 |a UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA KELAS B TKQ AL HIKMAH BOGOR TAHUN AJARAN 2016/2017 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/27584/1/S_KDSERANG_1305802_TITLE.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27584/2/S_KDSERANG_1305802_ABSTRACT.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27584/3/S_KDSERANG_1305802_TABLE_OF_CONTENT.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27584/4/S_KDSERANG_1305802_CHAPTER1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27584/5/S_KDSERANG_1305802_CHAPTER2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27584/6/S_KDSERANG_1305802_CHAPTER3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27584/7/S_KDSERANG_1305802_CHAPTER4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27584/8/S_KDSERANG_1305802_CHAPTER5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27584/9/S_KDSERANG_1305802_BIBLIOGRAPHY.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27584/10/S_KDSERANG_1305802_APPENDIX.pdf 
520 |a Hal yang melatar belakangi penelitian ini didasari atas hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada saat proses pembelajaran dan didapati peserta didik yang belum terampil berbicara. Hal tersebut dapat di lihat dari kegiatan peserta didik yang sulit sekali untuk berbicara dengan temannya, belum berani untuk maju kedepan kelas, juga minimnya komunikasi antara guru dan murid kemudian kurang inovasinya metode pembelajaran yang digunakan makadari itu pemilihan metode pembelajaran yang tepat sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan metode Role Playing. Rumusan masalah penelitian ini adalah "Apakah penggunaan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan Keterampilan berbicara anak Kelas B TKQ Al Hikmah Bogor?"dan tujuan penelitian adalah "Mendeskripsikan bahwa melalui metode Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelas B TKQ Al Hikmah Bogor".Partisipan yang menjadi subjek penelitian berjumlah 15 orang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatifdengan jenis PenelitianTindakan Kelas menggunakan model Kurt Lewin yang meliputi: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Selain itu observasi dan wawancara adalah intsrumen yang digunakan dalam penelitian ini.Berdasarkan hasil yang telah selama penelitian disimpulkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas B. hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi pada Pra Siklus 31,3% masuk dalam kriteria D (belum berkembang), siklus I sebesar 48% masuk dalam kriteria D (belum berkembang) dan siklus II sebesar 85% masuk dalam kriteria B (Berkembang sesuai harapan). 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27584/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27584/