PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode hypnoteaching terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di kelompok B SPS. Harapan Bunda Padalarang Kabupaten Bandung Barat, (2) perbedaan kecerdasan emosional anak antara kelas eksperimen dengan kontrol (3) respon anak terhadap...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: suryani, nur aliah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27586/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03042 am a22002893u 4500
001 repoupi_27586
042 |a dc 
100 1 0 |a suryani, nur aliah  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/27586/1/S_KDSERANG_1305881_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27586/2/S_KDSERANG_1305881_Abstrak.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27586/3/S_KDSERANG_1305881_Table%20Of%20Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27586/4/S_KDSERANG_1305881_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27586/5/S_KDSERANG_1305881_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27586/6/S_KDSERANG_1305881_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27586/7/S_KDSERANG_1305881_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27586/8/S_KDSERANG_1305881_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27586/9/S_KDSERANG_1305881_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27586/10/S_KDSERANG_1305881_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode hypnoteaching terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di kelompok B SPS. Harapan Bunda Padalarang Kabupaten Bandung Barat, (2) perbedaan kecerdasan emosional anak antara kelas eksperimen dengan kontrol (3) respon anak terhadap pembelajaran yang menggunakan metode hypnoteaching. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan model desain Non-equavilent Control Group Desaign. Yang dimana terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, penilaian dilakukan berdasarkan penilaian hasil observasi kepada dua kelas sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Wawancara dilakukan kepada kelas eksperimen setelah penelitian dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya perbedaan kecerdasan emosional anak pada kelas eksperimen yang menggunakan metode hypnoeaching dengan kelas kontrol yang memakai metode biasa. Pernyataan tersebut dibuktikan berdasarkan dari hasil pengelolaan data hasil uji akhir pada uji perbedaan dua rata-rata mendapatkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,002 < α = 0,05. (2) adanya perbedaan peningkatan kecerdasan emosional anak antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, pernyataan ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data N-Gain. Dimana nilai kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata N-Gain yaitu 0,4605, dan nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol yaitu 0,3010. (3) berdasarkan hasil analisis data wawancara adanya respon yang baik dari anakterhadap pembelajaran yang menggunakan metode hypnoteaching. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode hypnoteaching dapat mempengaruhi dan meningkatkan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27586/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27586/