Penggunaan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia Dini Di Tk Islam Al-Huda Kota Serang

Latar belakang penelitian ini adalah masih belum berkembangnya kemampuan berhitung permulaan pada anak, hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran yang menggunakan media kurang menarik bagi anak. Pada penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampun Berhitung Permulaan Pada Anak Usia Dini di Kela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: diansari, puput (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27593/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Latar belakang penelitian ini adalah masih belum berkembangnya kemampuan berhitung permulaan pada anak, hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran yang menggunakan media kurang menarik bagi anak. Pada penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampun Berhitung Permulaan Pada Anak Usia Dini di Kelas B1 Tk Islam Al-Huda Kota Serang. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menjelaskan hasil temuan penelitian, langkah guru menggunakan media kartu angka dan peningkatan hasil kemampuan berhitung permulaan anak menggunakan kartu angka. adapun subyek penelitian adalah semua anak kelas berjumlah 13 orang anak hasil penelitian yang diperoleh dalam penggunaan media kartu angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini menunjukan hasil yang sangat baik. yang terbukti adanya peningkatan disetiap siklusnya yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Adapun hasil peningkatan pada siklus I ini yaitu mendapatkan rerata 2.4, pada siklus II mendapatkan rerata 2.8 serta padasiklus III ini mendapatkan nilai rerata 3.5 serta cara guru dalam menggunakan media kartu angka semakin baik hal ini di tunjukan pada siklus I memperoleh skor sebanyak 30, nilai 57,69. Siklus II memperoleh skor 37, nilai 71,15 dan Siklus III memperoleh skor 45 dan nilai 86,5. Oleh karenanya berdasarkan hasil tersebut terbukti bahwa kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini dan dapat direkomendasikan sebagai salah satu pembelajaran yang baik untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini.
Item Description:http://repository.upi.edu/27593/1/S_KDSERANG_1302077_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27593/2/S_KDSERANG_1302077_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27593/3/S_KDSERANG_1302077_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27593/4/S_KDSERANG_1302077_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27593/5/S_KDSERANG_1302077_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27593/6/S_KDSERANG_1302077_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27593/7/S_KDSERANG_1302077_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27593/8/S_KDSERANG_1302077_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27593/9/S_KDSERANG_1302077_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27593/10/S_KDSERANG_1302077_Appendik.pdf