Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelas B1 TK Islam Al-Huda Kota Serang

Dalam penelitian ini dilatarbelakangi dari kemampuan membaca permulaan anak yang rendah yang terlihat dari 13 anak dalam kelas B1 TK Islam Al-Huda Kota Serang hanya 5 anak yang mampu mengenal abjad dan 8 anak lainnya belum mengenal abjad dengan baik sedangkan mengenal abjad adalah langkah utama bela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: nurnadiyah, siti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2769/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Dalam penelitian ini dilatarbelakangi dari kemampuan membaca permulaan anak yang rendah yang terlihat dari 13 anak dalam kelas B1 TK Islam Al-Huda Kota Serang hanya 5 anak yang mampu mengenal abjad dan 8 anak lainnya belum mengenal abjad dengan baik sedangkan mengenal abjad adalah langkah utama belajar membaca. Dari hasil wawancara kesibukan orang tua mangakibatkan kurangnya waktu bersama anak sehingga kurangnya stimulus dalam hal berbahasa. Metode dan media pembelajaran yang kurang menunjang turut andil karena kegiatan belajar kurang termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dengan penggunaan metode mind mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu untuk meningkatkan kinerja guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan hasil penelitian sebagai berikut: nilai prosentase aktivitas guru dalam proses pembelajaran kemampuan membaca permulaan dengan jumlah 14 aspek, pada siklus I yang dapat tercapai yaitu 7 aspek (50%) meningkat di siklus II dengan tercapainya 9 aspek (64%) dan terus mengalami peningkatan di siklus III dengan tercapainya 11 aspek (79%). Nilai prosentase aktivitas anak dalam proses pembelajaran kemampuan membaca permulaan dengan jumlah 8 aspek, pada siklus I yang dapat tercapai hanya 3 aspek (38%) meningkat di siklus II dengan tercapainya 5 aspek (63%) dan terus mengalami peningkatan di siklus III dengan tercapainya 7 aspek (88%). Nilai kemampuan membaca permulaan dengan jumlah 8 aspek, pada siklus I dengan perolehan rata-rata 2,03 dan terus meningkat yang terjadi pada siklus II dengan rata-rata nilai 3,01 dan meningkat di siklus III dengan rata-rata yaitu 3,15. Dengan demikian metode mind mapping mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan peneliti merekomendasikan untuk metode ini dapat digunakan dalam pembelajaran.
Item Description:http://repository.upi.edu/27609/1/S_KDSERANG_1307729_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27609/2/S_KDSERANG_1307729_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27609/3/S_KDSERANG_1307729_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27609/4/S_KDSERANG_1307729_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27609/5/S_KDSERANG_1307729_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27609/6/S_KDSERANG_1307729_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27609/7/S_KDSERANG_1307729_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27609/8/S_KDSERANG_1307729_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27609/9/S_KDSERANG_1307729_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27609/10/S_KDSERANG_1307729_Appendix.pdf