PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang dilihat dari nilai Ulangan Akhir Semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siswa kelas X IIS di SMA Negeri se-Kota Bandung Wilayah Barat. Tujuan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurela, Siti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-12-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27663/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04136 am a22003133u 4500
001 repoupi_27663
042 |a dc 
100 1 0 |a Nurela, Siti  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI 
260 |c 2016-12-21. 
500 |a http://repository.upi.edu/27663/1/S_PEK_1203485_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27663/2/S_PEK_1203485_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27663/3/S_PEK_1203485_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27663/4/S_PEK_1203485_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27663/5/S_PEK_1203485_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27663/6/S_PEK_1203485_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27663/7/S_PEK_1203485_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27663/8/S_PEK_1203485_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27663/9/S_PEK_1203485_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27663/10/S_PEK_1203485_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang dilihat dari nilai Ulangan Akhir Semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siswa kelas X IIS di SMA Negeri se-Kota Bandung Wilayah Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap kreativitas belajar, pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar dan pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey eksplanatori melalui penyebaran kuisioner sebagai alat pengumpul data. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri se-Kota Bandung Wilayah Barat tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 4 sekolah dengan sampel penelitian sebanyak 240 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (Path Analisys). Temuan penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berada pada kategori kondusif, kreativitas belajar siswa berada pada kategori sedang dan hasil belajar pada kategori sedang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas belajar siswa, lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhdap hasil belajar, kreativitas belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, serta secara simultan lingkungan sekolah dan kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi.;---The background of this study by the issues of the low learning outcomes in economic subject based on the value of final examination semester in academic year 2015/2016 which does not reach the Minimum Completness Criteria at Class X IIS SMA Negeri in Bandung west region. This study aimed to determine the effect of school environmet for learning creativity, the effect of school environmet for learning outcomes, the effect of students learning creativity for learning outcomes. The study use explanative survey methods by using questionnares research as a means off collecting data. The population research were class X IIS SMA Negeri in Bandung west region in academic year 2015/2016 of 4 schools with sample were 240 students. Data analysis technique used path analysis. The research findings showed that the school environmet are conducive category, the students learning creativity are moderate category and the result of study are moderate category. The result of research concluded that school environment has significantly positive effect on the students learning creativity, school environmet has significantly positive effect on the learning outcomes, and the students learning creativity has significantly positive effect on the learning outcomes in economic subject. 
546 |a en 
690 |a HB Economic Theory 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27663/ 
787 0 |n http://www.repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27663/