MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCIPTA BENTUK DENGAN BUBUR KORAN: Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok B di PAUD Miftahul Huda Kec. Cibeunying Kaler Bandung Tahun Ajaran 2015-2016

Penelitian ini dilatar belakangi karena keterampilan motorik halus anak kelompok B masih belum optimal. Hal ini terlihat pada saat anak memegang pensil, merobek, melipat kertas masih belum benar sehingga masih perlu bantuan guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengeta...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fidiya, Tiara (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-04.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27669/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatar belakangi karena keterampilan motorik halus anak kelompok B masih belum optimal. Hal ini terlihat pada saat anak memegang pensil, merobek, melipat kertas masih belum benar sehingga masih perlu bantuan guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui kondisi objektif keterampilan motorik halus di kelompok B, (2) untuk mengetahui implementasi keterampilan motorik halus di kelompok B, (3) untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus di kelompok B PAUD Miftahul Huda. Metode yang digunaakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu anak-anak kelompok B yang berjumlah 10 orang anak di PAUD Miftahul Huda. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat peningkatan motorik halus anak yaitu menggunakan presentase dan rata-rata dari hasil penilaian lembar observasi. Dalam pelaksanaannya terdiri dari 3 siklus. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan mencipta bentuk dapat meningkatakkan keterampilan motorik halus anak, terbukti adanya peningkatan keterampilan motorik halus pada tiap siklus. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang lebih baik (B), hasil penelitian siklus I memperoleh kategori baik (B) 50%, hasil penelitian siklus II memperoleh kategori baik (B) 60% dan hasil penelitian siklus III memperoleh kategori baik 80%. Peningkatan tersebut cukup signifikan. Hasil temuan di lapangan ini melahirkan rekomendasi untuk guru agar guru dapat memberikan kegiatan yang lebih variatif terhadap pembelajaran. Bagi peneliti diharapkan menggunakan metode dan alat permainan yang lebih kreatif dan inovatif agar dapat menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak. Kata kunci: Keterampilan motorik halus, bubur koran This research is motivated because fine motor dexterity of children in group B are still not optimal. This problem can be found when the child is still not optimal to holding the pencil, tearing, folding the paper, in this case teacher assisted are still needed.The following are the purpose of research : (1) To determine the objective conditions of fine motor dexterity in group B, (2) to determine implementation of fine motor dexterity in group B, (3) to determine enhancement fine motor dexterity of early childhood education (PAUD) Mitahul Huda in group B. The method used is the class action research (PTK). Research subjects in this study are 10 children in group B of early childhood education (PAUD) Miftahul Huda. Data analysis technique used to determine improvement of children fine motor dexterity i.e. using percentage and the average from the results of assessment observation sheet. The implementation consists of three cycles.Results of this research shown that, create shape activities can increase fine motor dexterity of children as evidenced by increased fine motor dexterity on each cycle.The results of research showed better improvement (B), cycle I research reult earn 50% good category (B), second cycle research result earn 60% good category (B) and the third cycle research results earn 80% good categories.Findings in this field led recommendation for teachers in order to provide more varied activities towards learning. Every researcher are expected to using more creative and innovative methode or game instrument in order to create an ambience that fun for children. keyword : fine motor dexterity, paper pulp
Item Description:http://repository.upi.edu/27669/1/S_PAUD_1005052_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27669/2/S_PAUD_1005052_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27669/3/S_PAUD_1005052_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27669/4/S_PAUD_1005052_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27669/5/S_PAUD_1005052_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27669/6/S_PAUD_1005052_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27669/7/S_PAUD_1005052_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27669/8/S_PAUD_1005052_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27669/9/S_PAUD_1005052_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27669/10/S_PAUD_1005052_Appendix.pdf