PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA MENGAJAR GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN BANDUNG BARAT

Produktivitas sekolah dapat diartikan cara menggunakan masukan (input) dalam pelaksanakan proses pembelajaran sehingga tercapai peningkatan hasil (output) yang diinginkan secara efektif dan efisien. Produktivitas dapat diukur ke dalam tiga fungsi yaitu fungsi administrasi, fungsi psikologis, dan fun...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Noerdin, Moh. Arif (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27671/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Produktivitas sekolah dapat diartikan cara menggunakan masukan (input) dalam pelaksanakan proses pembelajaran sehingga tercapai peningkatan hasil (output) yang diinginkan secara efektif dan efisien. Produktivitas dapat diukur ke dalam tiga fungsi yaitu fungsi administrasi, fungsi psikologis, dan fungsi ekonomi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi dan kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja mengajar guru terhadap produktivitas sekolah. Tujuannya yaitu untuk mengetahui kondisi kepemimpinan kepala sekolah, kinerja mengajar guru, dan produktivitas sekolah, terdeskripsinya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap produktivitas sekolah, kinerja guru terhadap produktivitas sekolah serta pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap produktivitas sekolah. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui penyebaran kuesioner, dan teknik analisis data menggunakan analisis dekriptif dan analisis parametrik. Hasil penelitian menunjukkan kondisi kepemimpinan kepala sekolah, kinerja mengajar guru dan produktivitas sekolah berkategori baik. Serta, kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap produktivitas sekolah, kinerja mengajar guru berpengaruh terhadap produktivitas sekolah, dan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara simultan mempengaruhi terhadap produktivitas sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan bahwa sebagai seorang motivator, sebaiknya kepala sekolah memberikan kekuatan mental terhadap bawahan berupa motivasi dan sikap empati sehingga menjadi motivasi bagi bawahan. Selain itu, diperlukan adanya pengembangan profesi bagi guru dalam tugas pokoknya sebagai pengajar. Sehingga proses pembelajaran dapat dilaksanakan oleh guru sebagai alat analisis untuk ditindaklanjuti dan bisa dijadikan bahan untuk dilakukan perbaikan. Ketika mutu guru meningkat akan memberikan layanan pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik yang pada akhirnya akan menghasilkan output yang berkualitas. Kata Kunci : Produktivitas Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Mengajar Guru. The Productivity school can be defined using the input in the implementation of a learning process in order to achieve improved output desired to effectively and efficiently. Productivity can be measured in three functions, namely administrative functions, psychologist functions, and economic functions. The problem in this research is how the conditions and contributions of principal leadership and teachers' teaching performance toward the school productivity. The purpose of this study to determine the condition of principal leadership, teachers' teaching performance, and productivity of schools, be able to describe the influence of principal leadership to the productivity of schools, teachers' teaching performance to productivity and the impact of school leadership and the teachers' teaching performance to the school productivity. This study used survey method with quantitative approach. Sampling using multistage random sampling. Data collection techniques used by distributing questionnaires and data analysis techniques using descriptive analysis and parametric analysis. The results showed the condition of school leadership, teachers' teaching performance and productivity categorized either school. As well, school leadership affect the productivity of schools, teachers' teaching performance affect the productivity of schools and school leadership and teachers' teaching performance simultaneously affect the productivity of the school. Based on the research results, recommended that as a motivator, principals should provide mental strength against a subordinate form of motivation and empathy so that the support for subordinates. In addition, the needed professional development for teachers in its main task as a teacher. So that the learning process can be carried out by teachers as an analytical tool for follow-up and can be used as material for repairs. When the quality of teachers increases will provide quality learning services to students who will eventually produce a quality output. Keywords: School Productivity, Principals Leadership, Teachers Teaching Performance.
Item Description:http://repository.upi.edu/27671/1/T_ADPEN_1404511_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27671/2/T_ADPEN_1404511_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27671/3/T_ADPEN_1404511_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27671/4/T_ADPEN_1404511_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27671/5/T_ADPEN_1404511_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27671/6/T_ADPEN_1404511_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27671/7/T_ADPEN_1404511_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27671/8/T_ADPEN_1404511_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27671/9/T_ADPEN_1404511_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27671/10/T_ADPEN_1404511_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/27671/11/T_ADPEN_1404511_Appendix2.pdf