PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN PPKN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI MIPA 6 SMAN 19 Bandung Tahun 2017)

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pra penelitian yang dilakukan di kelas XI MIPA 6 SMAN 19 Bandung yang mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut adalah rendahnya keterampilan mengemukakan pendapat siswa ketika pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rosadi, Didi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27678/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pra penelitian yang dilakukan di kelas XI MIPA 6 SMAN 19 Bandung yang mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut adalah rendahnya keterampilan mengemukakan pendapat siswa ketika pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Hal tersebut terjadi karena guru menggunakan metode yang konvensional sehingga siswa merasa jenuh dan ketika proses pembelajaran berlangsung sebagian siswa bersikap pasif. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran yang jelas dalam upaya mengembangkan keterampilan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran PPKn melalui model student facilitator and explaining. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kombinasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi, adapun temuan dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran PPKn dengan menggunakan model student facilitator and explaining yaitu dengan menyiapkan RPP, media massa, dan mengelompokkan siswa, 2) Pelaksanaan pembelajaran PPKn dengan menggunakan model student facilitator and explaining, guru menjelaskan materi secara umum, menyiapkan kasus dan memberi kesempatan siswa untuk menjadi fasilitator, kemudian siswa lainnya memberikan tanggapan tentang apa yang disampaikan oleh siswa yang menjadi fasilitator, 3) Perkembangan keterampilan mengemukakan pendapat siswa menunjukkan progres yang signifikan, 4) Kendala yang dialami adalah waktu yang diperlukan untuk model student facilitator and explaining cukup banyak, 5) Upaya yang dilakukan yaitu guru mengoptimalkan peran sebagai fasilitator, mengefektifkan waktu pembelajaran, dan optimalisasi media pembelajaran agar dikemas menjadi lebih beragam, menarik dan unik. Kata Kunci : Model student facilitator and explaining, Keterampilan mengemukakan pendapat, dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. The background of this research is the result of pre-study has done in class XI MIPA 6 at SMAN 19 Bandung who experiencing problems in the learning process. That problem is the low skills of expressing student opinion when Civic Education learning. This happens because teachers using conventional methods so that students feel bored and when learning takes place mostly be passive students. The purpose of this research to obtain a depiction in an effort to improve of student's opinion skills on civic education learning through the model of student facilitator and explaining. The approach used in this study is a combination approach. The method used in this research is a classroom action research. Instruments used were interviews, observations, field notes, and documentation, while the findings of this research are: 1) Planning civic education learning by using a model of student facilitator and explaining is to prepare lesson plans,mass media, and grouping learners 2) Implementation of civic education learning by using a model of student facilitator and explaining, the teacher explains the material in general, preparing cases and allowing students to become facilitators, then the other students respond to what the students who are the facilitators said,. 3) the development of the skills of expressing student opinions shows significant progress 4) constraints experienced is the time required to implement the model student facilitator and explaining quite a lot, 5) the efforts that optimize the role of the teacher as a facilitator in the learning process, streamline the learning time, and optimized of learning media to be packed into a more diverse, interesting, and unique. Keywords: Student Facilitator and Explaining Model, Opinions Skills, and Civic Education Learning
Item Description:http://repository.upi.edu/27678/1/S_PKN_1307730_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27678/2/S_PKN_1307730_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27678/3/S_PKN_1307730_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27678/4/S_PKN_1307730_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27678/5/S_PKN_1307730_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27678/6/S_PKN_1307730_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27678/7/S_PKN_1307730_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27678/8/S_PKN_1307730_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27678/9/S_PKN_1307730_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27678/10/S_PKN_1307730_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/27678/11/S_PKN_1307730_Appendix2.pdf