PENGARUH PENERAPAN MODEL MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA: Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Pasundan 1 Cimahi Tahun Ajaran 2016/2017)

Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya hasil belajar siswa. Inti kajiannya difokuskan pada salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran. Model pembelajaran yang diambil adalah model Mastery Learning. Berdasarkan hal tersebut, po...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ilmiawati, Yustika (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-12-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27687/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04018 am a22003133u 4500
001 repoupi_27687
042 |a dc 
100 1 0 |a Ilmiawati, Yustika  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENERAPAN MODEL MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA: Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Pasundan 1 Cimahi Tahun Ajaran 2016/2017) 
260 |c 2016-12-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/27687/1/S_PKR_1205030_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27687/2/S_PKR_1205030_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27687/3/S_PKR_1205030_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27687/4/S_PKR_1205030_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27687/5/S_PKR_1205030_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27687/6/S_PKR_1205030_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27687/7/S_PKR_1205030_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27687/8/S_PKR_1205030_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27687/9/S_PKR_1205030_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27687/10/S_PKR_1205030_Appendix.pdf 
520 |a Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya hasil belajar siswa. Inti kajiannya difokuskan pada salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran. Model pembelajaran yang diambil adalah model Mastery Learning. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh model Mastery Learning terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimen, dan bentuk kuasi eksperimen yang dipilih adalah Nonequivqlenty Control Group Design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, lembar observasi yang dianalisis menggunakan perhitungan skor gain ternormalisasi dan yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah kelas XI AP 2 yang menjadi kelompok kontrol berjumlah 29 orang dan kelas XI AP 1 yang menjadi kelompok eksperimen berjumlah 29 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan kognitif peserta didik yang menerapkan model Mastery Learning lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan kognitif peserta didik yang menerapkan model Konvensional. Dengan demikian terdapat perbedaan antara penerapan model Mastery Learning dengan model pembelajaran Konvensional. Kata Kunci : Mastery Learning, Hasil Belajar Siswa The problems to be studied in this research was the lack of students' learning outcomes. The core study focused on one of the factor that affect students' learning outcomes, that is model of learning. The learning model used is Mastery Learning g model. Accordingly, the subject matter disclosed in this study is what extent the influence of Mastery learning model towards students' learning outcomes. The method used in this research is Quasi Experimental with Nonequivalenty Control Group Design. The data collection technique used test, observation sheet were analyzed bynormalized gain score calculation and the respondents in this study is a 29 students in grade XI of Administraton Program 2 as control group and 29 students in grade XI of Administration Program 1 which became the experimental group. Based on the results of research showed that the improving cognitive ability of students that apply Mastery learning model is higher than the cognitive abilitiy of learners who apply the model of Conventional Learning. Thus, there were a difference between the application of Mastery learning models with Conventional Learning model. Keywords: Mastery Learning, Students' Learning Outcome 
546 |a en 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27687/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27687/