MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BARANG BEKAS PADA ANAK USIA DINI

Penelitian ini dilatar belakangni oleh adanya kecendrungan proses pembelajaran matematika khususnya konsep bilangan dimana masih menekankan pengajaran yang berpusat pada Guru. Hal ini dibuktikan dengan adanya peran guru yang terlalu menguasai kelas. Guru dengan spontan memberikan tugas kepada anak t...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yani, Lili (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-01-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27716/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatar belakangni oleh adanya kecendrungan proses pembelajaran matematika khususnya konsep bilangan dimana masih menekankan pengajaran yang berpusat pada Guru. Hal ini dibuktikan dengan adanya peran guru yang terlalu menguasai kelas. Guru dengan spontan memberikan tugas kepada anak tanpa memberikan pilihan kegiatan kepada anak. Kegiatan pembelajaran yang sering dilakukan di TK INDRI yaitu memberikan tugas dengan mengerjakan LKS menggunakan majalah hal ini mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan dan kurang bermakna sehingga anak menjadi cepat bosan, gelisah, kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini dengan menggunakan media barang bekas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di TK INDRI pada kelompok A yang berjumlah 11 orang anak. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Pada penelitian awal dalam kategori (B) yang tadinya 64% meningkat menjadi 91%, kemudian pada kategori (C) yang tadinya 9,0% masih tetap jadi 9,0%, sedangkan pada kategoro (K) yang tadinya 27,27% berkurang menjadi 0%. Berdasarkan hasil dalam setiap siklus membuktikan bahwa dengan menggunakan media barang bekas dapat meningkatkan konsep bilangan kepada anak kelompok A di TK INDRI. Rekomendasi yang peneliti ajukan adalah peneliti selanjutnya dapat mengangkat kembali permasalahan yang ada tetapi metode, teknik, strategi dan media yang lain serta tindakan yang berbeda agar dapat memberi masukan atau temuan baru khususnya dalam meningkatkan kemampuan konsep bilangan.;--- Background of this research is tendency of mathematics learning process especially number concept in which learning based on teacher center. It was proved by the role of teacher too master the class. Spontaneously teacher asks children without give option activity to children. Learning activity that always doing in TK INDRI are giving task by doing worksheet used magazine, this caused the learning process become less in fun and meaningless, then children fell bored, restless and not enthusiastic to follow the activity. Purpose of this research is to improve knowing number concept skill in childhood using secondhand media. Method that used in this research is classroom action research (CAR). This research has done in TK INDRI with A group that has 11 children. This research has 2 cycles, the result showed the improvement in every cycle. In the first cycle that B category (B) that from 64% become 91%, then in (C) category that was 9,0% still in 9,0%, and in (K) category that 27,27% become 0%. According to the result in each cycle proved that secondhand media can improve number concept skill in A group of TK INDRI. Recommendations from researcher are the next researcher can use the problem but the others method, technique, strategic and media that can give advice or new finding especially in improving number concept.
Item Description:http://repository.upi.edu/27716/1/S_PAUD_1009934_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27716/2/S_PAUD_1009934_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27716/3/S_PAUD_1009934_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27716/4/S_PAUD_1009934_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27716/5/S_PAUD_1009934_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27716/6/S_PAUD_1009934_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27716/7/S_PAUD_1009934_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27716/8/S_PAUD_1009934_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27716/9/S_PAUD_1009934_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/27716/10/S_PAUD_1009934_Appendix2.pdf