PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMITMEN ORGANISASI, IKLIM SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU LAYANAN AKADEMIK SMPN DI BANDUNG RAYA

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, iklim sekolah dan kinerja guru terhadap mutu layanan akademik di SMPN Se-Bandung Raya. Dalam penelitian ini digunakan Explanatory Survey Method, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sutardi, Dedi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-01.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27771/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, iklim sekolah dan kinerja guru terhadap mutu layanan akademik di SMPN Se-Bandung Raya. Dalam penelitian ini digunakan Explanatory Survey Method, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala ordinal. Jumlah responden sebanyak 370 orang guru SMPN di Bandung Raya yang diambil dari 10.409 guru SMPN di Bandung Raya yang berjumlah 203 sekolah negeri. Teknik pengolahan data menggunakan analisis path. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan analisiis path, diperoleh kesimpulan bahwa berdasarkan lima model struktur uji hipotesis yang diajukan, semua model dan jalur setiap hipotesis dinyatakan memiliki pengaruh yang signifikan. Hipotesis pertama yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap mutu layanan akademik. Hipotesis kedua yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah berpengaruh terhadap mutu layanan akademik. Hipotesis ketiga yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru berpengaruh terhadap mutu layanan akademik. Hipotesis keempat yaitu kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi dan kinerja guru berpengaruh terhadap mutu layanan akademik. Hipotesis kelima yaitu kepemimpinan kepala sekolah, komitmen, iklim sekolah dan kinerja guru berpengaruh terhadap mutu layanan akademik. Untuk meningkatkan mutu layanan akademik SMPN di Bandung Raya, rekomendasi yang disarankan adalah agar peran Kepala Sekolah lebih mengoptimalkan unsur-unsur pendukung dalam peningkatan mutu layanan, diantaranya adalah komitmen organisasi, iklim sekolah dan kinerja guru. Kata Kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, Iklim Sekolah, kinerja guru, mutu layanan akademik.
Item Description:http://repository.upi.edu/27771/1/D_ADPEND_1004865_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27771/2/D_ADPEND_1004865_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27771/3/D_ADPEND_1004865_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27771/4/D_ADPEND_1004865_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27771/5/D_ADPEND_1004865_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27771/6/D_ADPEND_1004865_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27771/7/D_ADPEND_1004865_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27771/8/D_ADPEND_1004865_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27771/9/D_ADPEND_1004865_Blibiography.pdf
http://repository.upi.edu/27771/10/D_ADPEND_1004865_Blibiography.pdf
http://repository.upi.edu/27771/11/D_ADPEND_1004865_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/27771/12/D_ADPEND_1004865_Appendix2.pdf