PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL PADA SISWA PROGRAM AKSELERASI DI SMPN 1 SUMEDANG

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen terhadap perkembangan emosi dan sosial siswa akselerasi di SMPN 1 Sumedang. Berawal anggapan bahwa siswa yang mempunyai IQ tinggi dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya, namun kenyataannya menunjukan tidak sebaik yang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dewi, Tia Nurstia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2014-07-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27784/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03786 am a22003013u 4500
001 repoupi_27784
042 |a dc 
100 1 0 |a Dewi, Tia Nurstia  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL PADA SISWA PROGRAM AKSELERASI DI SMPN 1 SUMEDANG 
260 |c 2014-07-15. 
500 |a http://repository.upi.edu/27784/1/T_PKKH_1005007_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27784/2/T_PKKH_1005007_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27784/3/T_PKKH_1005007_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27784/4/T_PKKH_1005007_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27784/5/T_PKKH_1005007_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27784/6/T_PKKH_1005007_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27784/7/T_PKKH_1005007_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27784/8/T_PKKH_1005007_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27784/9/T_PKKH_1005007_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27784/10/T_PKKH_1005007_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen terhadap perkembangan emosi dan sosial siswa akselerasi di SMPN 1 Sumedang. Berawal anggapan bahwa siswa yang mempunyai IQ tinggi dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya, namun kenyataannya menunjukan tidak sebaik yang diharapkan dan ditengarai membawa dampak negatif terhadap kehidupan emosi dan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development/R&D dengan pendekatan mixed method research design menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner,observasi, wawancara,dan angket skala Likert adapun teknik analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif yang dikuantisasikan dalam bentuk data ordinal, maka dari hasil penelitian ini didapat pedoman observasi guru dan angket menggunakan skala Likert kepada siswa sebagai instrumen awal kemudian dilakukan validasi menggunakan judgment expert dan uji coba instrumen maka didapat pengembangan instrumen observasi guru yang menggunakan rubrik dan penambahan kategori pencapaian emosi dan sosial siswa. Sementara untuk skala Likert dikembangkan menjadi format penilaian diri sendiri dan format penilaian antar teman, sehingga dari hasil kesimpulan tersebut direkomendasikan bahwa instrumen ini dapat dipakai sebagai salah satu instrumen yang digunakan untuk mengetahui perkembangan emosi dan sosial siswa akselerasi tingkat SMP. ;--- This study aims to develop instruments for assessing the social and emotional developments of students at the Acceleration Program of Junior High School 1 Sumedang. It has been assumed that students with high IQ scores have the ability to easily adapt themselves to the environment. However, studies indicate that these students tend to have social and emotional problems related to adjusting to the environment. This is a Research and Development study with a mixed methods' approach. This study draws upon Likert-scale questionnaires, observations, and interviews for obtaining data. This study uses both quantitative and qualitative approaches. Qualitative data were also quantified into an ordinal format. In this study the instruments were tried out by using teachers' observations. Meanwhile, the Likert scale was developed into a format for self-assessment and peer assessment. These instruments are recommended to be used to assess the social and emotional developments of junior high school students in other institutions. 
546 |a en 
690 |a LC Special aspects of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27784/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27784/