MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK

Kemampuan mengenal bentuk geometri merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan pada anak usia dini sebagai bagian dari pengenalan terhadap lingkungan yang akan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sekaligus merupakan bagian dari pembelajaran matematika pada anak usia dini. Penelitian ini...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hodijah, Siti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2014-06-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27785/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05812 am a22003013u 4500
001 repoupi_27785
042 |a dc 
100 1 0 |a Hodijah, Siti  |e author 
245 0 0 |a MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK 
260 |c 2014-06-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/27785/1/S_PAUD_1010478_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27785/2/S_PAUD_1010478_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27785/3/S_PAUD_1010478_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27785/4/S_PAUD_1010478_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27785/5/S_PAUD_1010478_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27785/6/S_PAUD_1010478_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27785/7/S_PAUD_1010478_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27785/8/S_PAUD_1010478_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27785/9/S_PAUD_1010478_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27785/10/S_PAUD_1010478_Appendix.pdf 
520 |a Kemampuan mengenal bentuk geometri merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan pada anak usia dini sebagai bagian dari pengenalan terhadap lingkungan yang akan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sekaligus merupakan bagian dari pembelajaran matematika pada anak usia dini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan Anak Kelompok A TK ASRI II dalam pembelajaran mengenal bentuk geometri. Berdasarkan observasi awal, kegiatan pembelajaran mengenal bentuk geometri masih bersifat Teacher Center, metode yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang variatif sehingga kurang menarik minat anak terhadap pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada Anak Kelompok A TK ASRI II yaitu melalui penerapan metode proyek. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan dalam kemampuan mengenal bentuk geometri pada Anak Kelompok A TK ASRI II setelah penerapan metode proyek. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan pelaksanaan sebanyak dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan. Lokasi penelitian yaitu di Taman Kanak-kanak ASRI II Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung dengan melibatkan subjek penelitian pada Kelompok A sebanyak 20 anak. Hasil penelitian pada data pra siklus menunjukkan kemampuan mengenal bentuk geometri masih rendah yaitu sebanyak 64,3 % anak berada pada kategori Perlu Stimulasi (PS), 21, 4 % berada pada kategori Dalam Proses (DP) dan 14,3 % berada pada kategori Berkembang Baik (BB). Pada akhir siklus I, sebanyak 21,4 % anak berada pada kategori Perlu Stimulasi (PS), 43 % berada pada kategori Dalam Proses (DP) dan 35,6 % berada pada kategori Berkembang Baik (BB). Dan pada akhir siklus II sebanyak 71,4% anak berada pada kategori Berkembang Baik (BB), 28,6% berada pada kategori Dalam Proses (DP) dan tidak ada anak yang berada pada kategori Perlu Stimulasi (PS). Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan dalam kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak Kelompok A TK ASRI II Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung melalui penerapan metode proyek. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan metode proyek dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. Rekomendasi adalah untuk Lembaga Pendidikan, Kepala Sekolah, Guru dan Peneliti Selanjutnya.;--- This research is motivated by the low ability ASRI Son II Group A kindergarten learning to recognize shapes in geometry. Based on preliminary observations, learning activities recognize geometric shapes still Teacher Center,the methods used by teachers in teaching less varied soless attract children to wards learning. Based on this,one of the alternatives in an effort to improve the ability to recognize shapes of geometry in Children Kindergarten Group A ASRI II is through the implementation of the project method. The purpose of this studyis to determine the improvement in the ability to recognize shapes of geometry in Children Kindergarten ASRI II Group A after application of the project method. This study uses Classroom Action Research (CAR), the execution of as many as two cycles where each cycle consists of two actions. The research location is in kindergarten ASRI II Margahayu District of Bandung Regency, involving research subjects in Group A as many as 20 children. The results of research on pre-cycleof data demonstrates the ability to recognize shapes geometryis still low at 64.3% as much as the childis in the category Need Stimulation (PS), 21, 4% were in the category of In Process (DP) and14.3% were in the category of Emerging both (BB). At the end of the first cycle, as many as 21.4% of children were in the category of Need Stimulation (PS), 43% were in the category of In Process (DP) and35.6% were in the category Growing Good(BB). And at the end of the second cycleas much as 71.4% of children were in the category Growing Good(BB), 28.6% were in the category of In Process (DP) and no child should be in the category of stimulation (PS). This indicates an increase in the ability to recognize geometric shapes in kindergarten children ASRI II Group A Margahayu District of Bandung District through the implementation of the project method. The conclusion of this research project is the application of methods to improve the ability to recognize shapes of geometry in early childhood. Recommendation is for Educational Institutions, Principals, Teachers and Researchers then. 
546 |a en 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27785/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27785/