EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara peserta didik yang mendapatkan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran diskusi kelompok biasa pada materi pelajaran ekosistem, (2) Untuk mengetahui perbedaan ke...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hendrayadi, Yudhi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2014-07-10.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27789/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara peserta didik yang mendapatkan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran diskusi kelompok biasa pada materi pelajaran ekosistem, (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif pada indikator keterampilan berpikir lancar (fluency), luwes (flexibility) dan original (originality) antara peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran diskusi kelompok pada materi pelajaran ekosistem, dan (3) Mengetahui tanggapan siswa tentang penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam materi pelajaran ekosistem..Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis quasi eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran kelompok biasa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitutes untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif pada materi ekosistem, observasi untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif siswa, dan agket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing.Hasildarianalisis menunjukan adanya perbedaan secara signifikan dalamkemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem antara kelompokeksperimendengankelompokkontrol dengan rata-rata nilai yang diperolehkelompokeksperimen65.53dankelompokkontrol51.27. Perolehan rata-rata inimenunjukkanbahwapembelajaraninkuiri terbimbingdapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif IPA yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kelompok biasa. Hasil analisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada indikator keterampilan berpikir lancar (fluency), luwes (flexibility) dan original (originality) menunjukanperbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan rata-rata kelas eksperimen 70.07dan kelompok control 57.57, dengan demikian model pembelajaran inkuiri terbimbingdapatmeningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada indikator keterampilan berpikir lancar (fluency), luwes (flexibility) dan original (originality) peserta didik dibandingkan dengan pembelajara nmenggunakan pembelajaran kelompok biasa. Respon siswa sangat positif terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing menarik dan tidak membosankan serta seluruh siswa menyatakan bahwa pembelajaran IPA pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaraninkuiri terbimbing dapat meningkatkan semangat belajar.
Item Description:http://repository.upi.edu/27789/1/T_PK_1004873_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27789/2/T_PK_1004873_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27789/4/T_PK_1004873_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27789/3/T_PK_1004873_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27789/5/T_PK_1004873_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27789/7/T_PK_1004873_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27789/6/T_PK_1004873_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27789/8/T_PK_1004873_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27789/9/T_PK_1004873_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27789/10/T_PK_1004873_Appendix.pdf