PEMBELAJARAN GAMES EDUKATIF TERINTEGRASI YANG MENGAKOMODASI KECERDASAN MAJEMUK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENANAMAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR PADA TEMA GERHANA

Umumnya dalam mengajarkan materi IPA, guru memandang semua siswa memiliki kemampuan yang sama dalam memahami materi pembelajaran. Padahal, masing- masing siswa memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda dalam memahami materi pembelajaran. Rendahnya pemahaman konsep siswa disebabkan karena pengaja...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Munsyi, Diki Abdul Kodir (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27826/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04264 am a22003133u 4500
001 repoupi_27826
042 |a dc 
100 1 0 |a Munsyi, Diki Abdul Kodir  |e author 
245 0 0 |a PEMBELAJARAN GAMES EDUKATIF TERINTEGRASI YANG MENGAKOMODASI KECERDASAN MAJEMUK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENANAMAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR PADA TEMA GERHANA 
260 |c 2015-06-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/27826/1/S_FIS_1100529_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27826/2/S_FIS_1100529_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27826/3/S_FIS_1100529_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27826/4/S_FIS_1100529_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27826/5/S_FIS_1100529_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27826/6/S_FIS_1100529_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27826/7/S_FIS_1100529_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27826/8/S_FIS_1100529_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27826/9/S_FIS_1100529_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27826/10/S_FIS_1100529_Appendix.pdf 
520 |a Umumnya dalam mengajarkan materi IPA, guru memandang semua siswa memiliki kemampuan yang sama dalam memahami materi pembelajaran. Padahal, masing- masing siswa memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda dalam memahami materi pembelajaran. Rendahnya pemahaman konsep siswa disebabkan karena pengajaran guru yang monoton dan masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Pembelajaran yang monoton tidak mengakomodasi tingkat kecerdasan siswa yang berbeda-beda. Selain rendahnya pemahaman konsep, pembelajaran yang belum menanamkan karakter juga menjadi masalah penting dalam penelitian ini. Sehingga perlu dibangun sebuah model pembelajaran yang mampu mengakomodasi semua tingkat kecerdasan siswa dan menanamkan karakter untuk meningkatkan pemahaman konsep. Oleh karena itu peneliti membangun suatu model pembelajaran games edukatif terintegrasi yang mengakomodasi kecerdasan majemuk untuk meningkatkan pemahaman konsep dan penanaman karakter siswa. Desain dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan sampel siswa SD kelas VI sebanyak 33 orang yang berasal dari salah satu SD di Kabupaten Garut. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran games edukatif terintegrasi yang mengakomodasi kecerdasan majemuk mampu meningkatkan pemahaman konsep dengan gain yang dinormalisasikan 0,4 dengan kategori sedang. Selain itu, model pembelajaran ini berhasil mengakomodasi kecerdasan majemuk serta berhasil dalam menanamkan karakter siswa.;--- Generally in teaching science concept, teacher discern that all student has same ability to understand the lesson. Whereas every single student have different intelligence for understanding the lesson. The low of concept comprehension is caused by teaching practice that monotone and still use conventional method (e.g. speech method). With that learning process, multiple intelligence of student is not accommodate. Beside of low of concept comprehension, the other problem of this research is learning process that has not planting students' character. So, it is necessary to build a teaching model that be able to accommodate all students' multiple intelligence and plant character for increasing concept comprehension. Therefore, researcher build integrated educative games teaching model which accommodate multiple intelligence to rise concept comprehension and plant character of students. Design in this research is pre-experimental design with sample 33 6th grade of primary school students which come from same school in Garut district. Based on data analysis, researcher can conclude that this teaching model is able to increase concept comprehension with normalize of gain 0,4 and belong to average level. In the other hand, this teaching model success to accommodate multiple intelligence and plant students' character. 
546 |a en 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a QC Physics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27826/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27826/