PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING KELASE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TIK : Studi Kuasi Eksperimen pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Bandung

Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan: Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Pendidikan Indonesia. Penggunaan e-learning aplikasi Kelase sangat membantu guru dalam proses pembelajaran, untuk memudahkan siswa belajar diluar jam pelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Diana, Ayu (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27864/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan: Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Pendidikan Indonesia. Penggunaan e-learning aplikasi Kelase sangat membantu guru dalam proses pembelajaran, untuk memudahkan siswa belajar diluar jam pelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan kelase dan yang menggunakan internet biasa. Secara umum rumusan masalah penelitian ini, yaitu apakah terdapat pengaruh penggunaan e-learning kelase efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X. Sedangkan secara khusus rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan aplikasi kelase dengan pembelajaran yang menggunakan internet biasa dilihat dari aspek pengetahuan, pemahaman dan menerapkan pada Mata Pelajaran TIK Kelas X di SMA Pasundan 2 Bandung? Pendekatan penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. intrumen penelitian yang digunakan adalah jenis tes objektif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan clutser sampling. Simpulan dari penelitian ini adalah : 1) Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kelase berpengaruh terhadap hasil belajar siswa aspek pengetahuan, pemahaman, dan menerapkan. 2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi kelase lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan internet saja dilihat dari aspek pengetahuan, pemahaman, dan menerapkan pada mata pelajaran TIK. Penelitian ini merekomendasikan guru agar lebih meningkatkan kreatifitas dalam menggunakan aplikasi Kelase sehingga hasil belajar siswa meningkat. ; Department of Curriculum and Educational Technology: Faculty of Education: University of Indonesia. the use of e-learning applications kelase greatly assist teachers in the learning process, to help students learn outside of school hours, to improve student learning outcomes. This study aimed to analyze the differences in learning outcomes between the use kelase and are using regular Internet. general formulation of research problems, namely whether there is an effect of the use of e-learning kelase effectively to improve student learning outcomes on the subjects of Information and Communication Technology Class X. whereas the special formulation of the problem of this study is whether the learning outcomes of students there difference between learning to use kelase with learning applications that use the internet typically seen from the aspect of knowledge, understanding and applying the ICT Subject Class X in SMA Pasundan 2 Bandung? The research approach using a quasi-experimental design with nonequivalent control group design. The research instrument used is the type of objective tests. The sampling technique is done by sampling clutser. The conclusions of this research are: 1) Learning to use an application kelase effect on student learning outcomes aspects of knowledge, understanding, and applying. 2) The results of student learning application using kelase higher compared to using the Internet only from the aspect of knowledge, understanding, and applying the ICT subjects. The study recommends the teachers to improve their creativity in using the application kelase thus increasing student learning outcomes.
Item Description:http://repository.upi.edu/27864/1/S_KTP_1202736_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27864/2/S_KTP_1202736_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27864/3/S_KTP_1202736_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27864/4/S_KTP_1202736_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27864/5/S_KTP_1202736_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27864/6/S_KTP_1202736_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27864/7/S_KTP_1202736_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27864/8/S_KTP_1202736_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27864/9/S_KTP_1202736_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27864/10/S_KTP_1202736_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/27864/11/S_KTP_1202736_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/27864/12/S_KTP_1202736_Appendix3.pdf