STUDI RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH DI SMK 45 LEMBANG

Penelitian ini bejudul "Studi Rencana Pengembangan Sekolahdi SMK 45 Lembang". Penelitian ini muncul atas dasar keingintahuan penulis mengenai kesesuaian antara teori proses perencanaan pengembangan sekolah dengan implementasinya. Hal tersebut dikarenakan terdapat peningkatan pengembangan s...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aisyah, Siti Nurul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27874/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05442 am a22003493u 4500
001 repoupi_27874
042 |a dc 
100 1 0 |a Aisyah, Siti Nurul  |e author 
245 0 0 |a STUDI RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH DI SMK 45 LEMBANG 
260 |c 2016-10-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/27874/1/S_ADP_1204491_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27874/2/S_ADP_1204491_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27874/3/S_ADP_1204491_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27874/4/S_ADP_1204491_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27874/5/S_ADP_1204491_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27874/6/S_ADP_1204491_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27874/7/S_ADP_1204491_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27874/8/S_ADP_1204491_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27874/9/S_ADP_1204491_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27874/10/S_ADP_1204491_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27874/11/S_ADP_1204491_Appendix2.pdf 
520 |a Penelitian ini bejudul "Studi Rencana Pengembangan Sekolahdi SMK 45 Lembang". Penelitian ini muncul atas dasar keingintahuan penulis mengenai kesesuaian antara teori proses perencanaan pengembangan sekolah dengan implementasinya. Hal tersebut dikarenakan terdapat peningkatan pengembangan sekolah yang signifikan dalam hal fokus pengembangan layanan SMK, Lulusan SMK,Manajemen SMK serta Sarana dan Prasarana sehinga peneliti beranggapan bahwa peningkatan tersebut merupakan perkembangan implementasi yang tertuang dalam Rencana Pengembangan Sekolah (RPS). Berdasarkan keunikan ini, peneliti mengambil fokus penelitian sebagai berikut : (1) Persiapan penyusunan RPS; (2) proses penyusunan RPS; (3) pengesahan RPS; dan (4) monitoring dan evaluasi RPS. Sumber data penelitian ini yaitu Tim Pengembang RPS yang terdiri dari Ketua Tim, Penanggung Jawab program, kepala sekolah, komite sekolah, wakasek dan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi dokumentasi dan triangulasi. Analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi, display dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya kesesuaian RPS dalam aspek berikut ini (1) persiapan penyusunan RPS memiliki tim pengembang RPS yang mewakili stakeholder sekolah dan terdapat orientasi tim pengembang RPS; (2) proses penyusunan RPS menunjukan adanya penetapan tujuan pengembangan, analisa internal kondisi sekolah, penentuan prioritas dan penyusunan program pengembangan berdasarkan sistematikadan arahan dari pembimbing dit.psmk.(3) Terlaksananya Pengesahan RPS baik tahapan pengesahan maupun sosialisasi RPS. (4) Adanya monitoring dan evaluasi RPS, namun perlu peningkatan dalam jadwal, teknik dan pengadministrasian. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa "RPS di SMK 45 Lembang sesuai dengan pedoman RPS dan termasuk dalam kategori RPS yang baik" Kata Kunci : Rencana Pengembangan Sekolah This research entitled " Study of School Development Plan on Vocational High School 45 Lembang". This research is conducted based on the curiousity about suitability between theory of school development plan process with implementation. It is due to the improvement of school development focus, included SMK service, SMK graduate, SMK manageement and facilities and infrastructure. So, the researcher assume that these improvement are developing implementation, and it's contained in the School Development Plan (SDP). Based on these uniques, the researchers took the focus of the research as follows : (1) arraging preparation of SDP; (2) arranging process of SDP; (3) legality of SDP; and (4) monitoring dan evaluation of SDP.The sources of this research are the SDP team consist of team leader, program leader, head master, school committee, vice head master,and teachers. The research used descriptive method using qualitative research. The data were collected through interview, observation, documents, and triangulation. Data analyze which used are reduction, display and data verification. The result of this research showed that are suitability of SDP as follow :(1) arraging preparation of SDP showed that developer SDP team is representstive of school's stakeholder and contained orientation for SDP developer team; (2) arranging process of SDP contained determining the purpose of developing, internal analysis of school condition, priority determining and arranging developing program based on template and direction from ditpsmk tutor.(3) Implementatively legality of SDP doing by stage and sosialization of SDP. (4) ) Implementatively monitoring dan evaluation of SDP, But still need of improvement in schedule, technique and administration. Based on the result, it can be concluded that "SDP in SMK 45 Lembang is suitable with SDP mannual and include as good SDP category" Keyword : School Development Plan 
546 |a en 
690 |a HD Industries. Land use. Labor 
690 |a HD28 Management. Industrial Management 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27874/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27874/