MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BALING-BALING MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN 2 CIBOGO WALED : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 2 Cibogo Waled

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan gerakan baling baling melalui media audio visual pada pembelajaran senam lantai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 2 Cibogo Cirebon berjumlah 32 siswa,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ali, Alviyan Fachri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27879/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan gerakan baling baling melalui media audio visual pada pembelajaran senam lantai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 2 Cibogo Cirebon berjumlah 32 siswa, yaitu 11 laki-laki dan 21 perempuan. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar pengamatan (observasi). Penelitian ini mampu memberikan manfaat positif terhadap proses belajar mengajar bagi siswa antara lain dengan adanya peningkatan dari siklus I hingga siklus II, Begitu pula nilai rata-rata hasil penelitian telah meningkat. Pada siklus I, Untuk siklus I jumlah yang tuntas sebanyak 16 siswa (50%) dan yang tidak tuntas sebanyak 16 siswa (50%), sedangkan pada siklus II meningkat jumlah siswa yang tuntas menjadi 32 siswa (100%) dengan perolehan data tersebut peneliti merasa cukup untuk tidak diteruskan kembali ke langkah selanjutnya, karena hasil yang diharapkan telah tercapai dengan baik. Dari hasil pelaksanaan penelitian dapat disimpulkan bahwa: efektivitas pembelajaran baling baling melalui media audio visual pada kelas V SDN 2 Cibogo Waled Cirebon meningkat. ; This study aims to improve the movement of cartwheel through the use audio-visual media in the learning gymnastics. The method used in this research is the Classroom Action Research, in which the subject of this study was the students of grade V SDN 2 Cibogo Cirebon consisted of 32 students, with 11 boys and 21 girls. The research data was taken using the observation sheet (observation). The action of this study were able to provide positive benefits to the students learning process, among others, was the increase from the first cycle to the second cycle. Similarly, the average value of the research results also has increased. In the first cycle, the member of students who completed the skill 16 students (50%) and who did not completed were 16 students (50%), while in the second cycle the number of students who completed to 32 students (100%). With the obtained data, the researcher felt satistied enough not to go on to the next action, since the expected results have been well achieved. From the results of the implemented study, it was concluded that: cartwheel the effectiveness the learning of cartwheel movement through the audio-visual media in grade V SDN 2 Cibogo Waled Cirebon, has been satisfactorily achieved.
Item Description:http://repository.upi.edu/27879/1/S_SDPJ_1203712_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27879/2/S_SDPJ_1203712_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27879/3/S_SDPJ_1203712_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27879/4/S_SDPJ_1203712_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27879/5/S_SDPJ_1203712_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27879/6/S_SDPJ_1203712_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27879/7/S_SDPJ_1203712_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27879/8/S_SDPJ_1203712_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27879/9/S_SDPJ_1203712_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27879/10/S_SDPJ_1203712_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/27879/11/S_SDPJ_1203712_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/27879/12/S_SDPJ_1203712_Appendix3.pdf
http://repository.upi.edu/27879/13/S_SDPJ_1203712_Appendix4.pdf
http://repository.upi.edu/27879/14/S_SDPJ_1203712_Appendix5.pdf
http://repository.upi.edu/27879/15/S_SDPJ_1203712_Appendix6.pdf