PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF TEKS BIOGRAFI

Penelitian ini mengenai pengamatan terhadap kemampuan membaca siswa di SMPN 1 Pondoksalam Purwakarta. Dengan dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca para siswa di sekolah. Rendahnya kemampuan membaca siswa disebabkan berbagai pokok bahasan membaca yang disajikan di sekolah tidak pernah dis...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Apriani, Eva (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2014-12-17.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/279/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04662 am a22003133u 4500
001 repoupi_27900
042 |a dc 
100 1 0 |a Apriani, Eva  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF TEKS BIOGRAFI 
260 |c 2014-12-17. 
500 |a http://repository.upi.edu/27900/1/S_IND_1000963_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27900/2/S_IND_1000963_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27900/3/S_IND_1000963_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27900/4/S_IND_1000963_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27900/5/S_IND_1000963_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27900/6/S_IND_1000963_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27900/7/S_IND_1000963_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27900/8/S_IND_1000963_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27900/9/S_IND_1000963_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27900/10/S_IND_1000963_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini mengenai pengamatan terhadap kemampuan membaca siswa di SMPN 1 Pondoksalam Purwakarta. Dengan dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca para siswa di sekolah. Rendahnya kemampuan membaca siswa disebabkan berbagai pokok bahasan membaca yang disajikan di sekolah tidak pernah disertai dengan strategi membaca yang tepat, hal itu menyebabkan rata-rata siswa hanya mampu membaca secara monoton, menerapkan gaya membaca yang sama untuk setiap bahan bacaan, dan siswa tidak mengetahui bagaimana cara praktis dalam memahami bacaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencoba salahsatu strategi membaca yang mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa yaitu dengan menerapkan startegi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dengan desain penelitian pretes postes control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, dan dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji t untuk mengetahui perbedaan kedua perlakuan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 50,91 dan mengalami kenaikan pada nilai rata-rata posttes yaitu 68,8. Berbeda dengan kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata pretest 49,05 dan nilai rata-rata posttes 52,94. Kelas kontrol masih jauh untuk mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Kesimpulannya bahwa strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat digunakan dalam pembelajaran membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di sekolah.;--- This studycontainstheobservations of thereading abilityof studentsinjunior 1 Pondoksalam Purwakarta. Withmotivated bythe lowreadingability ofthe studentsin the school. Causedthe lowreading abilityof studentsto reada variety ofsubject matterpresentedinschoolis neveraccompanied byappropriatereadingstrategies, it causes theaverage studentis onlyable to readinmonotone, applyingthe samereadingstyletoanyreading material, andthe studentsdo notknowhowin apracticalwayto understand the reading. The purposeofthis studyistotryto readone of the mainstrategiesthat can improvethereading skillsof studentsby implementingstrategiesDirectedReadingThinking Activity(DRTA). In this study,using aquasi-experimental methodsthatthe classas a classexperimentVIIA agiven treatmentandVIIBclassas acontrol classthat is notgivenbystudy designtreatment pretest posttest control group design. Data collection techniquesused areengineeringtests, andanalyzed using thenormality test, homogeneity test, testhypotheses, andt-testtodeterminethedifference between the twotreatments. The results showedthat theaverage value ofthe pretestinthe experimental classis 50,91, and an increasein theaverage valueis 68,8 posttes. In contrastwiththecontrolclassesto obtainan averagevalue of 49,05 pretest and an averagevalue of 52,94 posttes. Classroom controlis stilla long way toachieve the Minimum Criteria forcompleteness(KKM) is70conclusionthat the strategies Directed Reading Thinking Activity(DRTA) can be used in teaching reading to improve reading skill sof students in the school. 
546 |a en 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a P Philology. Linguistics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27900/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/279/