PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa tidak mengetahui ciri utama karangan narasi serta unsur-unsur yang terdapat dalam karangan narasi sehingga siswa tidak terampil membuat karangan narasi yang baik. Seperti ditunjukan oleh...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Novianti, Nunik (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27912/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa tidak mengetahui ciri utama karangan narasi serta unsur-unsur yang terdapat dalam karangan narasi sehingga siswa tidak terampil membuat karangan narasi yang baik. Seperti ditunjukan oleh hasil belajar siswa pada pretest hanya 18,2% siswa yang dinyatakan tuntas dalam menulis karangan narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil belajar siswa dalam menulis karangan narasi melalui penerapan model Picture and Picture. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Sebagai subjek penelitian yakni siswa kelas IV di salah satu Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Sukasari Kota Bandung dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dan lembar evaluasi. Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut persentase lembar observasi yang menunjukan peningkatan dengan rincian siklus I sebesar 84,21% siklus II 94,73% dan siklus III 100%. Dengan meningkatnya proses pembelajaran, hasil belajar pada keterampilan menulis karangan narasi juga meningkat yang ditunjukan dengan persentase ketuntasan belajar pada setiap siklusnya. Siklus I mencapai ketuntasan sebesar 54,54% , siklus II 84,84%, dan siklus III 90,9%. Dengan demikian penerapan model Picture and Picture dalam penelitian ini dinyatakan berhasil dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD.
Item Description:http://repository.upi.edu/27912/1/S_PGSD_1201827_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27912/2/S_PGSD_1201827_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27912/3/S_PGSD_1201827_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27912/4/S_PGSD_1201827_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27912/5/S_PGSD_1201827_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27912/6/S_PGSD_1201827_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27912/7/S_PGSD_1201827_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27912/8/S_PGSD_1201827_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27912/9/S_PGSD_1201827_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27912/10/S_PGSD_1201827_Appendix.pdf