ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI YANG DIPADUKAN DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN "TAKE-AWAY"

Teknik Pembelajaran "Take-away" merupakan suatu teknik pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan sikap dan kemampuan pengambilan intisari dari pembelajaran yang telah dilakukan oleh peserta didik. Dengan diterapkannya teknik take-away ini diharapkan akan muncul rasa tanggung jawab si...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Naufalina, Ria Trisnia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27916/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Teknik Pembelajaran "Take-away" merupakan suatu teknik pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan sikap dan kemampuan pengambilan intisari dari pembelajaran yang telah dilakukan oleh peserta didik. Dengan diterapkannya teknik take-away ini diharapkan akan muncul rasa tanggung jawab siswa untuk melakukan pembelajaran mandiri, baik sebelum dan setelah pembelajaran yang dilakukan di sekolah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls setelah diterapkan metode pembelajaran demonstrasi yang dipadukan dengan teknik pembelajaran "Take-away". Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Penelitian ini melibatkan siswa SMA kelas XI di salah satu SMA di kota Tasikmalaya yang berjumlah 33 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda, soal essai dan rubrik penilaian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai N-Gain sebesar 0,71. Kemampuan afektif siswa meningkat pada aspek kejujuran namun mengalami penurunan pada aspek tanggung jawab. Aspek menanggapi pernyataan dan mengajukan pertanyaan yang termasuk kedalam kemampuan psikomtor juga mengalami peningkatan Hal ini sesuai dengan respon positif siswa terhadap teknik pembelajaran "Take-Away". Dengan demikian, teknik pembelajaran "Take-Away" mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls.;---"Take-Away" is a learning technique which aims to develop students' attitude and skill in acquiring the point of the learning material. By using this technique, the students were expected to be responsible to learn independently outside the school's period. The purpose of this research is to determine how the students' learning outcomes in the Impulse and Momentum material after applying the Demonstration learning method which combined with "Take-Away" learning technique. The method used in this research is Pre-Experimental with One-group Pretest-Posttest design. The study involved 33 high school students in the eleventh grade in one high school in Tasikmalaya. The research instruments used are multiple choice questions, essay questions and rubric assessment. The results of this research indicated that the improvement of students' cognitive abilities at high category with a value of N-Gain at 0.71, students' affective abilities increased in the aspect of honesty, but decreased in the aspect of responsibility, then the aspects of giving response to the statement and asking the questions which included into psychomotor ability also increased. This is in line with the students' positive response in "Take-Away" learning technique. Thus, "Take-Away" learning technique affects students' learning outcomes in Momentum and Impulse material.
Item Description:http://repository.upi.edu/27916/1/S_FIS_1200215_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27916/2/S_FIS_1200215_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27916/3/S_FIS_1200215_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27916/4/S_FIS_1200215_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27916/5/S_FIS_1200215_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27916/6/S_FIS_1200215_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27916/7/S_FIS_1200215_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27916/8/S_FIS_1200215_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27916/9/S_FIS_1200215_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27916/10/S_FIS_1200215_Appendix.pdf