PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) DENGAN PERMAINAN "POS PELANGI" UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK YANG DIBACA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V A SDN Cirayun Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang)

Pada saat pengambilan data awal yang dilakukan di kelas V A SDN Cirayun menunjukkan bahwa siswa kelas V A SDN Cirayun mengalami kesulitan dalam menentukan gagasan utama/ide pokok masalah pada setiap paragraf dan juga dalam menyimpulkan isi cerita anak yang dibaca. Oleh karena itu, tujuan pembelajara...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Atikah, Iis (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-09-04.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27933/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03298 am a22002653u 4500
001 repoupi_27933
042 |a dc 
100 1 0 |a Atikah, Iis  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) DENGAN PERMAINAN "POS PELANGI" UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK YANG DIBACA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V A SDN Cirayun Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang) 
260 |c 2017-09-04. 
500 |a http://repository.upi.edu/27933/1/s_pgsd_kelas_1305591_bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27933/2/s_pgsd_kelas_1305591_chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27933/3/s_pgsd_kelas_1305591_chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27933/4/s_pgsd_kelas_1305591_chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27933/5/s_pgsd_kelas_1305591_chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27933/6/s_pgsd_kelas_1305591_chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27933/7/s_pgsd_kelas_1305591_table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27933/8/s_pgsd_kelas_1305591_appendix.pdf 
520 |a Pada saat pengambilan data awal yang dilakukan di kelas V A SDN Cirayun menunjukkan bahwa siswa kelas V A SDN Cirayun mengalami kesulitan dalam menentukan gagasan utama/ide pokok masalah pada setiap paragraf dan juga dalam menyimpulkan isi cerita anak yang dibaca. Oleh karena itu, tujuan pembelajaran yang diharapkan pun belum tercapai secara optimal. Permasalahan tersebut terjadi karena pengelolaan kelas yang belum optimal dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Demikian, peneliti pun menentukan tindakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menerapkan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dengan permainan pos pelangi. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Tagart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, quesioner (angket), observasi, catatan lapangan, dan tes. Sementara itu, validasi data yang digunakan terdiri dari member check, triangulasi, dan expert opinion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode SQ3R dan permainan pos pelangi, kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi cerita menjadi meningkat. Hal tersebut terlihat dari perencanaan kinerja guru pada siklus I 83,3%, siklus II 90,4%, dan siklus III 97,6%. Selanjutnya, pelaksanaan kinerja guru pada siklus I mencapai 81,2%, siklus II 89,5%, dan pada siklus III 95,8%. Selain itu, aktivitas siswa awalnya pada siklus I hanya mencapai 12%, siklus II 72%, dan siklus III menjadi 88%. Untuk hasil belajar siswa, yang berhasil mendapat kategori tuntas pada siklus I mencapai 36%, siklus II 72%, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 92%. Demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R dan permainan pos pelangi dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi cerita anak yang dibaca. Kata Kunci : Metode SQ3R, Permainan Pos Pelangi, Kemampuan Menyimpulkan Isi Cerita Anak 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27933/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27933/