ANALISIS KEMAMPUAN PSIKOMOTOR SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN SUBPOKOK MATERI pH LARUTAN GARAM MELALUI PRAKTIKUM KIMIA SKALA KECIL

Penelitian yang berjudul "Analisis Kemampuan Psikomotor Siswa SMA pada Pembelajaran Subpokok Materi pH Larutan Garam melalui Praktikum Kimia Skala Kecil" ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan gambaran sejauh mana kemampuan psikomotor siswa pada pembelajaran subpokok materi pH larut...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sopiani, Lies Nur Aidanisa (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2014-10-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27946/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian yang berjudul "Analisis Kemampuan Psikomotor Siswa SMA pada Pembelajaran Subpokok Materi pH Larutan Garam melalui Praktikum Kimia Skala Kecil" ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan gambaran sejauh mana kemampuan psikomotor siswa pada pembelajaran subpokok materi pH larutan garam melalui praktikum kimia skala kecil. Kemampuan yang di analisis adalah kemampuan menyiapkan alat praktikum, kemampuan menimbang bahan praktikum, kemampuan mengatur bahan praktikum, dan kemampuan mengukur pH. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA kelas 2 yang dibagi menjadi 8 kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 8 kelompok terdapat lima kelompok yang memiliki kategori baik sekali dan tiga kelompok memiliki kategori baik.;--- The study, entitled "Psychomotor Skill Analysis of Senior Higschool Student on Sub-topic Learning of The Salt Solution's pH with Small Scale Chemistry Practical" has the purpose to get information and describe how far psychomotoric skill of the student on sub-topic learning the salt solution's pH with small scale practical. The skill that analyzed are preparing skill of practical equipment, weighing skill of material practical, managing skill of material practical, and measuring skill of the pH. The method that using in this research is descriptive method. The subjek in this research are Senior Highschool 2nd student that separated to 8 group which each group has 4-5 student. The Instrument that using for collecting the data are observation and guide interview. The result of this research show that from eight group it has five group who have excellent category and three group has good category.
Item Description:http://repository.upi.edu/27946/1/S_KIM_0905780_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27946/2/S_KIM_0905780_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27946/3/S_KIM_0905780_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27946/4/S_KIM_0905780_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27946/5/S_KIM_0905780_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27946/6/S_KIM_0905780_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27946/7/S_KIM_0905780_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27946/8/S_KIM_0905780_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27946/9/S_KIM_0905780_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27946/10/S_KIM_0905780_Appendix.pdf