Pengaruh Penggunaan Permainan Bingo terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa

Prestasi belajar merupakan ukuran keberhasilan yang diperoleh siswa selama proses pembelajaran. Keberhasilan itu ditentukan oleh berbagai faktor yang saling berkaitan. Kurangnya penggunaan metode yang variatif dalam pembelajaran bahasa Arab mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar bahas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Selfiani, Refi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-08-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27963/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Prestasi belajar merupakan ukuran keberhasilan yang diperoleh siswa selama proses pembelajaran. Keberhasilan itu ditentukan oleh berbagai faktor yang saling berkaitan. Kurangnya penggunaan metode yang variatif dalam pembelajaran bahasa Arab mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti menggunakan permainan Bingo dalam pembelajaran bahasa Arab, yang diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Insturmen yang digunakan untuk memperoleh data antara lain dengan dokumentasi dan tes. Peneliti melakukan penelitian di MA Al - Inayah Bandung. Sampel yang peneliti ambil adalah siswa kelas XI dengan jumlah 24 siswa. Adapun hasil yang didapat menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antarapenggunaan permainan Bingo terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan temuan tersebut, maka penulis merekomendasikan metode Bingo kepada guru bahasa Arab untuk menggunakan permainan Bingo dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa.;--- Learning achievement is a measure of success obtained by the students during the learning process. The success was determined by a variety of interrelated factors. Lack of using of varied method in learning Arabic resulted the students have difficulties in learning Arabic. Therefore, the researcher used a Bingo game in learning Arabic, which is expected to help students improve achievement in learning Arabic. In this study, the method used was Quasi Experimental design Nonequivalent Control Group Design. Instrument used to obtain the data, including the documentation and testing. Researcher did research in MA Al - Inayah Bandung. Samples took by researcher were students of class XI with a number of 24 students. The results obtained indicate a significant difference between the use of Bingo games on student achievement. Based on these findings, the authors recommend Bingo method is to use the Arabic language teachers in delivering the lesson.
Item Description:http://repository.upi.edu/27963/2/S_ARB_1100989_Title.pdf
http://repository.upi.edu/27963/3/S_ARB_1100989_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/27963/1/S_ARB_1100989_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/27963/3/S_ARB_1100989_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/27963/4/S_ARB_1100989_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/27963/8/S_ARB_1100989_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/27963/7/S_ARB_1100989_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/27963/5/S_ARB_1100989_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/27963/9/S_ARB_1100989_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/27963/6/S_ARB_1100989_Appendix.pdf