HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN PENJAS DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku sosial siswa yang baik individu maupun beregu masih ada yang belum dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, memilih-milih teman dan kurangnya bersosialisasi dengan teman lainnya di sekolah terutama terlihat jelas pada saat pembelajaran pendidikan ja...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sofiarini, Anna Mariam (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/27992/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04293 am a22003133u 4500
001 repoupi_27992
042 |a dc 
100 1 0 |a Sofiarini, Anna Mariam  |e author 
245 0 0 |a HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN PENJAS DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA 
260 |c 2016-06-21. 
500 |a http://repository.upi.edu/27992/1/S_JKR_1203980_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27992/2/S_JKR_1203980_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27992/3/S_JKR_1203980_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27992/4/S_JKR_1203980_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27992/5/S_JKR_1203980_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27992/6/S_JKR_1203980_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27992/7/S_JKR_1203980_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27992/8/S_JKR_1203980_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27992/9/S_JKR_1203980_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/27992/10/S_JKR_1203980_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku sosial siswa yang baik individu maupun beregu masih ada yang belum dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, memilih-milih teman dan kurangnya bersosialisasi dengan teman lainnya di sekolah terutama terlihat jelas pada saat pembelajaran pendidikan jasmani (penjas). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku sosial dalam pembelajaran penjas dan memperoleh gambaran mengenai hubungan pembelajaran penjas dengan perilaku sosial siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif pada siswa kelas X di SMAN 10 Bandung yang berjumlah 300 siswa, dan untuk sampel yang diambil 20% dari populasi yaitu 60 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuisioner dan dokumentasi penelitian. Sebelum mengetahui hasil dari penelitiannya diuji angket terlebih dahulu, butir pernyataan yang dibuat sebanyak 50, kemudian setelah diuji angket terdapat pernyataan yang tidak valid sehingga pernyataan yang valid sebanyak 47 butir. Hasil dari penelitian ini didapat jumlah 10.120 dengan rata-rata 168.07 dan simpangan baku 15,04 kemudian untuk uji normalitas didapat Lo 0,48 dengan kesimpulan normal karena Lo < Lt. Hasil uji signifikan koefisien korelasi untuk penelitian ini didapat r 0,86 dengan interpretasi korelasi sangat kuat, sedangkan thitung 12,8 > ttabel 2,00 . Maka keterangan dari hasil ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pembelajaran penjas dengan perilaku sosial siswa.;---This research was motivated by the social behavior of students that both individuals and teams still have not been able to adjust to the environment, picking out friends and lack of socializing with other friends at school especially evident during physical education lesson. The purpose of this study was to determine social behavior in teaching physical education and get a picture of physical education learning relationship with the social behavior of students. The method used is descriptive research method in class X at SMAN 10 Bandung, amounting to 300 students, and for samples taken 20% of the population is 60 students. The instrument used was a questionnaire or questionnaires and research documentation. Before knowing the results of the research da test questionnaire beforehand, point declaration made as many as 50, then after the test questionnaire contained an invalid statement that a valid statement as many as 47 items. The results of this study in the can number 10,120 with an average of 168.07 and a standard deviation of 15.04 and then to test for normality obtained with the conclusions of 0.48 Lo normal for Lo < Lt. The test results significant correlation coefficient for this research is obtained r 0.86 with correlation of interpretasi is very strong, and then thitung 12.8 > ttabel 2.00. Then the description of the results showed a significant relationship between teaching physical education with students' social behavior. 
546 |a en 
690 |a H Social Sciences (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/27992/ 
787 0 |n http://www.repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/27992/